Cairnya Formasi Korea Selatan Bisa Jadi Masalah Bagi Timnas Indonesia U-23
Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024. (Dok. KFA)
17:12
25 April 2024

Cairnya Formasi Korea Selatan Bisa Jadi Masalah Bagi Timnas Indonesia U-23

Korea Selatan akan menjadi lawan Timnas Indonesia U-23 dalam perempat final Piala Asia U-23 2024. Carinya formasi Taeguk Warriors bisa jadi masalah bagi Garuda Muda.

Duel Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan dijadwalkan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) pukul 00.30 WIB.

Ini akan jadi ujian berat bagi Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong merujuk rekor pertemuan dan pengalaman antara kedua kesebelasan.

Timnas Indonesia U-23 tercatat tak pernah menang saat berjumpa Korsel U-23. Dalam enam pertemuan sejak 1991, Garuda Muda selalu kalah.

Selain itu, Timnas Indonesia U-23 merupakan 'anak bawang' di ajang ini. Piala Asia U-23 2024 merupakan debut tim Merah Putih di event besar ini.

Di sisi lain, Korea Selatan sudah jauh berpengalaman. Bahkan, Taeguk Warriors berhasil menjuarai ajang ini pada 2020 silam.

Shin Tae-yong harus terima karena hadapi Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024, keinginan bertemu Jepang tidak kesampaian (pssi.org)Shin Tae-yong harus terima karena hadapi Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024, keinginan bertemu Jepang tidak kesampaian (pssi.org)

Terlepas sejarah, strategi Korea Selatan patut diwaspadai Timnas Indonesia U-23 demi menghindari hasil minor yang tidak diinginkan.

Pelatih Korea Selatan, Hwang Sun-Hong menyiratkan bahwa timnya bisa memainkan berbagai formasi di ajang ini. Hal itu terlihat saat Jeong Sang-bin dan kawan-kawan menghadapi Jepang dalam matchday terakhir Grup B.

Korea Selatan yang selalu tampil dengan formasi 4-2-3-1 dalam laga kontra Uni Emirat Arab (UEA) dan China, tiba-tiba menggunakan formasi 3-4-3 layaknya Timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Jepang.

Hasilnya memuaskan. Meski tampil dengan pemain pelapis, Korea Selatan sukses mengalahkan Jepang dengan skor tipis 1-0 untuk melangkah ke perempat final dengan status juara Grup B.

Formasi tiga bek bisa saja kembali diterapkan Korea Selatan demi meredam Timnas Indonesia U-23. Apalagi, dua dari tiga pemain andalannya, dipastikan fit setelah diparkir lawan Jepang.

Lee Young Jun dan Eom Ji Sung tidak dimainkan menghadapi Samurai Biru, sementara Jeong Sang Bin tampil sebagai starter sebelum diganti pada menit ke-63.

"Lee Young Jun bermain sangat bagus. Dia salah satu pemain paling berbahaya di timnas Korea U-23," kata Shin Tae-yong dikutip dari Newsis, Kamis (25/4/2024).

"Selain itu kita juga harus hati-hati terhadap Jeong Sang Bin dan Eom Ji Sung," tambah juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #cairnya #formasi #korea #selatan #bisa #jadi #masalah #bagi #timnas #indonesia

KOMENTAR