Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Tumbang Lawan Irak, Turun Banyak?
Para pemain Timnas Indonesia. [KARIM JAAFAR / AFP]
11:30
16 Januari 2024

Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Tumbang Lawan Irak, Turun Banyak?

Timnas Indonesia membuka kampanyenya di Piala Asia 2023 dengan kekalahan lawan Irak. Ranking FIFA skuad Garuda pun otomatis turun.

Timnas Indonesia takluk dengan skor 1-3 melawan Irak di matchday perdana Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Senin (15/1/2024) malam WIB, walaupun sempat bermain lebih baik dari pertemuan melawan tim peringkat 63 dunia itu dua bulan lalu saat kalah dengan skor 1-5 di Irak pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia sempat menyamakan kedudukan lewat Marselino Ferdinan (37') setelah sebelumnya tertinggal lebih dahulu melalui gol Mohanad Ali (17').

Namun, dua gol yang dilesatkan Osama Rashid (45+7’) dan Aymen Hussein (75’) membuat pasukan Singa Mesopotamia --julukan Timnas Irak-- memenangi laga dengan skor 3-1.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia menjadi juru kunci di klasemen sementara Grup D dengan tanpa poin dan minus dua gol.

Sementara untuk Irak, kemenangan ini membuat mereka membuntuti Jepang di posisi kedua dengan poin yang sama yaitu 3 poin.

Hasil ini membuat peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar agak sulit. Selain itu, Timnas Indonesia juga kehilangan poin di ranking FIFA.

Piala Asia 2023 jelas ajang resmi besar yang masuk dalam kalender FIFA. Jadi, setiap pertandingan yang dimainkan berdampak pada poin dan posisi di ranking FIFA. Piala Asia 2023 masuk dalam kategori level I dalam kalender FIFA.

Indonesia, karena berada di ranking lebih rendah, punya potensi mendapat banyak poin jika menang lawan Irak. Pun jika kalah, pengurangan poin tidak sebanyak yang didapat jika menang.

Nah, kekalahan dari Irak membuat Indonesia mendapat pengurangan 8,35. Sementara, bagi Irak, mereka mendapat tambahan 8,35 usai mengalahkan Indonesia.

Kini, Indonesia punya 1.053,60 poin di ranking FIFA. Jumlah itu sudah termasuk pengurangan usai kalah dari Irak. Dengan jumlah poin itu, Indonesia turun ke posisi ke-147 dari tadinya 146, di bawah St Kitts and Nevis dengan 1.057, 05 poin.

Kekalahan dari Irak juga berdampak pada kans Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Sebab, saat ini skuad Garuda berada di dasar klasemen Grup D dengan 0 poin.

Sebenarnya, jumlah poin Indonesia sama dengan Vietnam. Pada matchday pertama, Vietnam kalah dengan skor 2-4 dari Jepang.

Karena Indonesia dan Vietnam sama-sama belum mendapatkan poin dan selisih gol minus dua. Namun, Vietnam berada di posisi yang lebih baik daripada Indonesia. Vietnam punya jumlah gol memasukkan dan poin disiplin lebih baik.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #ranking #fifa #timnas #indonesia #usai #tumbang #lawan #irak #turun #banyak

KOMENTAR