FIFA Puji Rizky Ridho Sosok Luar Biasa di Timnas Indonesia
Bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho (kanan) tampil pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia kontra Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 21 November 2024. [BAY ISMOYO / AFP]
11:12
14 April 2024

FIFA Puji Rizky Ridho Sosok Luar Biasa di Timnas Indonesia

FIFA memberikan apresiasi kepada Rizky Ridho menjelang penampilannya di Piala Asia U-23 2024. Meskipun masih muda, bek Timnas Indonesia U-23 itu diakui memiliki pengalaman yang beragam bersama tim senior.

Rizky Ridho, yang berusia 22 tahun, telah menunjukkan kepemimpinan yang luar biasa saat menjadi kapten tim selama kualifikasi Piala Dunia AFC.

Kontribusinya sangat signifikan dalam kemenangan berturut-turut mereka melawan Vietnam," ungkap FIFA dalam sebuah artikel pada Sabtu (13/4/2024).

Selain memberikan kontribusi di lapangan, Ridho juga menjadi sosok inspiratif di luar lapangan bagi timnya.

Ia menjadi salah satu bintang yang bersinar di Piala Asia U-23 saat Indonesia berjuang keras untuk mewujudkan mimpi lolos ke Olimpiade.

“Terlahir sebagai pemimpin, Ridho yang berusia 22 tahun menjadi kapten tim selama kualifikasi Piala Dunia AFC. Ia memainkan peran penting dalam kemenangan berturut-turut mereka melawan Vietnam. Baik di dalam maupun di luar lapangan, dia tetap menjadi sosok inspiratif bagi tim. Ridho menjadi salah satu bintang di Piala Asia U-23 saat Indonesia berupaya mewujudkan impian lolos Olimpiade,” kata FIFA dalam artikelnya, Sabtu (13/4/2024).

Rizky Ridho termasuk dalam daftar lima pemain yang mendapat perhatian khusus dari FIFA di Piala Asia U-23 2024.

Empat pemain lain yang turut dipantau adalah Kuryu Matsuki (Jepang), Bae Junho (Korea Selatan), Abdullah Radif (Arab Saudi), dan Harib Abdalla (Uni Emirat Arab).

Tak hanya itu, Rizky Ridho juga masuk dalam daftar pemain termahal di Grup A Piala Asia U-23 2024.

Pemain asal Persija Jakarta itu menempati posisi ketiga dengan nilai transfer sekitar Rp 6,95 miliar.

Namun, Ridho harus mengakui keunggulan pemain Australia, Garang Kuol, yang menjadi pemain dengan valuasi tertinggi di Grup A. Kuol, yang berposisi sebagai penyerang, memiliki harga yang mencapai Rp 12,17 miliar.

Saat ini, Kuol bermain untuk klub Belanda, FC Volendam, setelah dipinjam dari Newcastle United.

Di sisi lain, Rizky Ridho tidak bisa dilewati dalam susunan tim utama Indonesia di bawah era Shin Tae-yong. Ia juga telah mendapatkan kesempatan bermain di level senior.

Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung di Qatar mulai 15 April hingga 3 Mei 2024. Sebanyak 16 negara telah memastikan diri lolos ke putaran final, termasuk Indonesia.

Sebagai debutan, Indonesia akan berkompetisi di Grup A Piala Asia U-23 2024, bersaing dengan Qatar, Australia, dan Yordania.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #fifa #puji #rizky #ridho #sosok #luar #biasa #timnas #indonesia

KOMENTAR