FIFA Puji Habis Perkembangan Timnas Indonesia, Singgung Target Lolos Piala Dunia
Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, 26 Maret 2024. [AFP]
09:48
9 April 2024

FIFA Puji Habis Perkembangan Timnas Indonesia, Singgung Target Lolos Piala Dunia

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memberi pujian tinggi kepada sepak bola Indonesia yang dinilai telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Hal itu disampaikan FIFA melalui laman resminya dengan merujuk pencapaian Timnas Indonesia yang berhasil mengatrol posisi dalam Ranking FIFA.

"Sepak bola Indonesia mengalami kemajuan yang baik," tulis FIFA dalam judul artikelnya dikutip pada Selasa (9/4/2024).

Timnas Indonesia jadi tim dengan lonjakan posisi tertinggi dalam Ranking FIFA terbaru yang dirilis pada 4 April lalu.

Skuad Garuda berhasil naik delapan posisi dari peringkat 142 menjadi 134 setelah mendapat tambahan 30,03 poin hasil dari menghancurkan Vietnam dengan skor 1-0 dan 0-3 pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret lalu.

"Peringkat Indonesia terus menunjukkan perbaikan sejak tahun 2021 dan semakin mendekatkan target timnas untuk masuk 100 besar," tulis FIFA.

Ketua Umum FIFA Gianni Infantino (kiri) dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir (pssi.org)Ketua Umum FIFA Gianni Infantino (kiri) dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir (pssi.org)

Mereka juga menyinggung target PSSI yang ingin meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia dengan cara fokus untuk membenahi pembinaan sepak bola usia dini.

Menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 dianggap menjadi salah satu aspek yang membantu sepak bola Indonesia terus berkembang ke arah yang lebih baik.

“(Ini) merupakan bukti upaya kolektif dan kemajuan yang dicapai dalam pengembangan sepak bola. Prestasi ini patut berbangga bagi bangsa, menandakan bahwa langkah-langkah yang dilakukan sudah tepat,” kata PSSI.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menjelaskan bahwa pihaknya memiliki tekad untuk membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia tanpa jalur tuan rumah.

"Dalam jangka pendek, tujuan kami adalah menjadi peringkat 100 dunia. Jika kita terus membangun tim nasional dimulai dari usia muda, target jangka panjang kita adalah Indonesia lolos ke Piala Dunia FIFA bukan sebagai tuan rumah, tapi sebagai peserta," tegas Erick Thohir.

Timnas Indonesia saat ini masih berpeluang untuk lolos ke Piala Dunia 2026 meski perjalanannya masih sangat panjang dan berliku.

Tim asuhan Shin Tae-yong saat ini punya peluang besar untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dua kemenangan atas Vietnam membuat skuad Garuda untuk sementara menduduki urutan dua klasemen Grup F dengan koleksi tujuh poin dari empat laga. Timnas Indonesia cuma butuh tambahan tiga poin dari dua laga tersisa untuk mengunci tiket ke putaran ketiga.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #fifa #puji #habis #perkembangan #timnas #indonesia #singgung #target #lolos #piala #dunia

KOMENTAR