Muhammad Tahir 'Go Internasional', Jadi Bahasan Media Vietnam
Muhammad Tahir vs pemain keturunan Timnas Indonesia. (Dok. PSBS dan PSSI)
18:24
6 April 2024

Muhammad Tahir 'Go Internasional', Jadi Bahasan Media Vietnam

Ucapan gelandang PSBS Biak, Muhammad Tahir, soal naturalisasi Timnas Indonesia mulai 'go internasional'. Terkini, pernyataannya viral hingga Vietnam.

Muhammad Tahir kini tengah menjadi perbincangan publik sepak bola Nasional. Pasalnya, ia bikin komentar kontroversial soal pemain keturunan di Timnas Indonesia. 

Pemain PSBS Biak tersebut mengkritik gelombang kedatangan pemain keturunan lewat jalur naturalisasi ke Timnas Indonesia. Dia prihatin wajah skuad Garuda yang kian Eropa. 

Hal itu disampaikan M. Thair dalam Podcast bersama pengamat sepak Bola Akmal Marhali. Dia menekankan bahwa kualitas pemain lokal sejatinya tak kalah dari pemain keturunan.

"Sekarang terlalu banyak [pemain, red] naturalisasi. Bukan tidak sehat, tapi kasihan kita adakan kompetisi dalam negara gunanya untuk apa?" kata Tahir dikutip Suara.com pada Selasa (2/4/2024).

Menurut Tahir, kualitas permainan penggawa lokal sejatinya tidak jauh berbeda dengan pemain naturalisasi. Dia pun menantang PSSI untuk mengadakan uji coba antara pemain lokal vs naturalisasi. 

"Mereka bermain di luar negeri, kita di dalam negeri. Kalah di situ saja. Kalau kualitas, kita 11-12 sama mereka. Tidak kalah jauh," tegas Tahir.

Jadi Bahasan Media Vietnam

Ucapan Muhammad Tahir pun kini sudah terdengar hingga Vietnam. Salah satu media besar negara itu, Zingnews, sudah turut memberitakannya.

"Pemain asli Indonesa menantang pemain bintang yang dinaturalisasi," tulis Zingnews dalam sebuah judul artikel.

Kemudian, turut dibahas bahwa Muhammad Tahir merupakan gelandang berusia 30 tahun yang belum pernah membela Timnas Indonesia.

Peluangnya untuk berseragam Garuda sudah dianggap hampir hilang karena dirinya hanya berkarier di kasta kedua sepak bola Indonesia.

Editor: Irwan Febri

Tag:  #muhammad #tahir #internasional #jadi #bahasan #media #vietnam

KOMENTAR