Krisis Bek Tengah Timnas Indonesia U-23 Kian Nyata usai Dihajar Arab Saudi, STY Putar Otak
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (pssi.org)
17:24
6 April 2024

Krisis Bek Tengah Timnas Indonesia U-23 Kian Nyata usai Dihajar Arab Saudi, STY Putar Otak

Pelatih Shin Tae-yong (STY) mengakui Timnas Indonesia U-23 masih bermasalah di lini belakang setelah tumbang 1-3 dari Arab Saudi dalam laga uji coba jelang Piala Asia U-23 2024, Sabtu (6/4/2024) dini hari WIB.

Dalam pertandingan di Sevens Stadium, Dubai itu, Timnas Indonesia cuma memiliki stok bek tengah berjumlah empat setelah Alfeandra Dewangga, Justin Hubner dan Nathan Tjoe-A-On batal bergabung.

Lebih parah, dari empat bek tengah yang tersisa yakni Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Komang Teguh dan Kakang Rudianto, tidak ada satupun yang memiliki kaki dominan kiri atau kidal. Komang Teguh pun terpaksa mengisi posisi bek tengah bagian kiri kendati kaki dominannya kanan.

Meski demikian, Komang jadi pemain yang berhasil mencetak satu-satunya gol bagi Timnas Indonesia di pertandingan ini. Sementara tiga gol kemenangan Arab Saudi diukir Jehad Thakri, Haitham Asiri, dan Abdullah Radif.

Shin Tae-yong, mengatakan memang ada masalah di lini belakang. Dia mengaku akan putar otak untuk mencari solusinya jelang Piala Asia U-23 2024.

"Memang ada masalah di lini belakang karena ada beberapa pemain yang tidak bisa bergabung juga, jadi itu yang sedang dipikirkan bagaimana antisipasi lini belakang," kata Shin Tae-yong dapam keterangan resminya.

Cuplikan Laga Timnas Indonesia U-23 vs. Arab Saudi U-23. (pssi.org)Cuplikan Laga Timnas Indonesia U-23 vs. Arab Saudi U-23. (pssi.org)

Timnas Indonesia U-23 akan kembali melakukan uji coba sebelum berangkat ke Qatar untuk mengikuti Piala Asia U-23 2024. Kali ini lawan yang dihadapi Rizky Ridho dan kawan-kawan menghadapi Uni Emirat Arab, Senin (8/4/2024).

Uji coba ini akan dibuat STY sebagai gambaran duel di Piala Asia U-23 2024. Komposisi terbaik akan diturunkan sejak menit awal.

"Uji coba berikutnya lawan Uni Emirat Arab, akan dimainkan untuk pemain inti dulu, untuk mengantisipasi permainan lawan Qatar nanti tanggal 15 (April)," ia menambahkan.

"Pastinya tim inti akan dimainkan lebih banyak. Selain tim inti akan ada kesempatan lagi bagi pemain lain," ucapnya.

Piala Asia U-23 2024 berlangsung di Qatar dari 15 April sampai 3 Mei mendatang. Timnas Indonesia U-23 berada di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia.

PSSI menargetkan Timnas Indonesia U-23 ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024. Namun, ada informasi yang menyebut STY ingun membawa Garuda Muda ke semifinal demi satu tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #krisis #tengah #timnas #indonesia #kian #nyata #usai #dihajar #arab #saudi #putar #otak

KOMENTAR