Harga Saham Tak Sampai Rp271 Triliun, MotoGP Resmi Dibeli Pemilik F1
MotoGP resmi diakuisisi bos F1, Liberty Media - Marc Marquez (paling depan) saat main race MotoGP Qatar 2024 di Sirkuit Lusail, Senin (11/3/2024) dini hari WIB. 
16:40
2 April 2024

Harga Saham Tak Sampai Rp271 Triliun, MotoGP Resmi Dibeli Pemilik F1

- Liberty Media mengakuisisi saham mayoritas Dorna Sports selaku promotor MotoGP yang nominalnya tak mencapai Rp271 triliun.

Pemegang hak komersial Formula 1, Liberty Media, berjanji takkan menerapkan perombakan pada MotoGP.

Hal ini disampaikan sang Presiden dan CEO, Greg Maffei, usai perusahaannya resmi mengakuisisi pemegang hak komersial MotoGP dan WorldSBK, Dorna Sports, pada Senin (1/4/2024).

Saham keseluruhan Dorna bernilai €4,2 miliar (Rp71,8 triliun).

Liberty pun mengakuisisi 86 persen saham dari induk sebelumnya, Bridgepoint. Sementara itu, 14 persen sisanya dimiliki oleh manajemen Dorna sendiri.

Perusahaan asal Amerika Serikat ini melakukan transaksi senilai €3,5 miliar (Rp59,8 triliun).

Liberty sendiri merupakan perusahaan media massa yang mengambil alih F1 dari Bernie Ecclestone pada 2017.

Sejak itu, mereka sukses meningkatkan popularitas F1 di berbagai belahan bumi. Kini, banyak negara berlomba-lomba ingin menjamu ajang balap mobil terakbar tersebut.

Di tangan Liberty, F1 menjadi salah satu ajang olahraga paling berharga di dunia.

Menurut Forbes dilansir Speedweek, F1 memiliki nilai $18,2 miliar atau Rp285 triliun pada 2023 berkat popularitasnya yang melonjak tajam selama enam tahun terakhir.

MotoGP dan WorldSBK pun diharapkan mengikuti jejak ini.

"Apa yang benar-benar kami lihat di F1 adalah, ketika Anda mengembangkan fanbase, maka monetisasi Anda jadi lebih mudah," ungkap Maffei, seperti yang dikutip dari laman Speedweek.

"Mitra Anda, entah mitra penyiaran, promotor, atau sponsor, dan entah apakah mereka mencari penjenamaan atau aktivasi, dan lebih banyak aktivasi, semuanya adalah bagian penting. Selagi keseruan, permintaan, dan audiens berkembang, segalanya mengalir bersamaan," lanjutnya.

Maffei tak memungkiri bahwa ia ingin MotoGP mencapai level komersial yang setara dengan F1, tetapi berjanji takkan campur tangan soal formatnya.

"Itulah yang kami rasakan di Formula 1, semuanya bersatu, dan saya ingin percaya bahwa itulah potensi yang ada di sini," tuturnya.

"MotoGP adalah produk luar biasa, dan kami tak berencana mengubah olahraga ini. Target kami adalah membukanya kepada audiens yang lebih luas, membukanya kepada mitra komersial dari segala rasa. Semua itu berjalan beriringan," pungkasnya.

Dengan mengakuisisi Dorna, Liberty kini tak hanya membawahi MotoGP dan WorldSBK, melainkan juga ajang-ajang pendukungnya, seperti Moto2, Moto3, MotoE, WorldSSP, WorldSSP300, WorldWCR, dan juga program Road to MotoGP.

Meski Liberty Media bakal pemegang saham mayoritas MotoGP,

Dorna Sports tetap diberi keleluasaan untuk mengelola MotoGP, Moto2, Moto3, MotoE, World Superbike, dan FIM Women's Circuit Racing World Championship.

Posisi Carmelo Ezpeleta sebagai CEO Dorna Sports juga tidak tergantikan.

"Ini adalah langkah sempurna berikutnya dalam evolusi MotoGP, dan kami sangat senang dengan pencapaian yang diberikan oleh Dorna, paddock MotoGP, dan para penggemar balap," kata Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna.

"Kami bangga dengan olahraga global yang telah kami kembangkan, dan transaksi ini merupakan bukti dari nilai olahraga saat ini dan potensi pertumbuhannya."

"Liberty Media memiliki rekam jejak yang luar biasa dalam mengembangkan aset olahraga dan kami tidak dapat mengharapkan mitra yang lebih baik untuk memperluas basis penggemar MotoGP di seluruh dunia," pungkas dia.

(Tribunnews.com/Giri)

Editor: Muhammad Nursina Rasyidin

Tag:  #harga #saham #sampai #rp271 #triliun #motogp #resmi #dibeli #pemilik

KOMENTAR