4 Wakil Badminton Indonesia Mengamankan Tiket ke Semifinal Spain Master 2024, Rinov/Pitha Diharapkan Mampu Capai Final
Aksi Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari ketika bertanding./Instagram: badminton.ina
12:11
30 Maret 2024

4 Wakil Badminton Indonesia Mengamankan Tiket ke Semifinal Spain Master 2024, Rinov/Pitha Diharapkan Mampu Capai Final

 

Turnamen Spain Master 2024 saat ini tengah memasuki babak semifinal. Untuk diketahui, Spain Master 2024 merupakan turnamen BWF World Tour Super 300.

Laga ini dimulai Selasa (26/3) dan akan berlangsung hingga Minggu (31/3) yang digelar di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol.

Saat pertandingan babak perempat final Spain Master 2024, Jumat (29/3), dari enam wakil yang lolos, hanya empat wakil Indonesia berhasil mengamankan tiket ke babak semifinal.

Empat wakil Indonesia yang melaju ke semifinal terdiri dari sektor tunggal putri, ganda campuran, ganda putra dan ganda putri.

Dikutip dari laman bwfworldtour, Sabtu (30/3), pada sektor tunggal putra, Indonesia hanya mengirim satu wakil, yaitu Alwi Farhan. Namun langkah Alwi harus terhenti di babak 16 besar, setelah kalah dari wakil Jepang, Yushi Tanaka.

Wakil Indonesia pertama yang berhasil mengamankan tiket ke semifinal adalah ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang berhasil unggul dari pasangan Taipei Chen Cheng Kuan/Hsu Yin Hui dengan straight game skor 21-5, 21-10.

Rinov/Pitha merupakan unggulan keenam dalam turnamen Spain Master 2024 diharapkan bisa masuk ke babak final dan membawa pulang gelar juara, supaya mampu mengamankan tiket untuk ikut dalam Olimpiade Paris 2024.

Sebelumya Rinov/Pitha di ajang Swiss Open 2024 harus pulang lebih awal di babak 32 besar karena banyak melakukan kesalahan sendiri saat bertanding.

Rinov/Pitha pada babak final akan bertemu dengan wakil India, Reddy B. Sumeeth/Reddy Sikki yang sebelumnya mampu mengalahkan ganda campuran Indonesia Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati pada babak perempat final dengan skor 14-21, 21-11, 21-17.

Kekalahan dari Rehan/Lisa membuat badminton lovers Indonesia merasakan kecewa, apabila Rehan/Lisa mampu melangkah ke babak semifinal, maka akan bertemu dengan Rinov/Pitha. Bila hal tersebut terjadi kemungkinan tiket final untuk ganda campuran Indonesia aman.

Tunggal putri yang berhasil menyusul kesuksesan Rinov/Pitha adalah Komang Ayu Cahya Dewi, yang mampu mengalahkan wakil Thailand Pornpicha Choeikeewong dalam dua gim langsung 21-14, 21-16.

Komang Ayu akan menghadapi pemain Thailand lainnya, Ratchanok Intanon di babak semifinal. Intanon merupakan pemain unggulan keempat dari turnamen Spain Master 2024.

Tunggal putri lain, Ester Nurumi Tri Wardoyo harus mengakui keunggulan dari wakil Korea Selatan, Kim Ga Eun dengan skor 19-21, 16-21.

Wakil Indonesia ketiga yang mampu melangkah ke semifinal adalah ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani. Sabar/Reza berhasil mengalahkan wakil Jerman, Bjarne Geiss/Jan Colin Voelker dalam dua gim 21-12, 21-10 dalam waktu 23 menit.

Dikutip dari laman bwfworldtour, Sabar/Reza akan bertemu dengan wakil Denmark, William Kryger Boe/Christian Faust Kjaer di babak semifinal.

Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi merupakan ganda putri Indonesia yang menjadi wakil keempat di babak semifinal.

Ana/Tiwi mampu unggul atas wakil Taipei, Hsu Ya Ching/Lin Wan Ching di perempat final dengan skor 21-19, 21-19 dalam waktu 43 menit.

Selanjutnya di babak semifinal, Ana/Tiwi akan berjumpa dengan wakil Taipei lainnya, Lee Chia Hsin/Teng Chun Hsun yang merupakan unggulan keenam di Spain Master 2024.

Masih dikutip dari laman bwfworldtour, babak semifinal Spain Master 2024 akan berlangsung pada Sabtu (30/3) dimulai pukul 18:00 WIB di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol.

Pertandingan Spain Master dapat disaksikan melalui kanal SPOTV 1 dan SPOTV 2.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #wakil #badminton #indonesia #mengamankan #tiket #semifinal #spain #master #2024 #rinovpitha #diharapkan #mampu #capai #final

KOMENTAR