Genderang Perang Ditabuh, Vietnam Kaul Balas Dendam Kesumat pada Timnas Indonesia di Hanoi
Starting eleven Timnas Vietnam pada laga kontra Timnas Indonesia di matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
21:00
22 Maret 2024

Genderang Perang Ditabuh, Vietnam Kaul Balas Dendam Kesumat pada Timnas Indonesia di Hanoi

Timnas Vietnam harus mengakui keunggulan Timnas Indonesia 0-1 dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam WIB.

Gol kemenangan Timnas Indonesia dilesakkan oleh pemain pengganti, Egy Maulana Vikri pada menit ke-52. Vietnam sendiri sejatinya tampil cukup baik, terutama di babak pertama.

Ini merupakan kekalahan beruntun Vietnam dari Timnas Indonesia dengan skor identik 0-1, setelah pada fase grup Piala Asia 2023 Qatar pada Januari 2024 lalu skuad Garuda juga berjaya.

Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier mengatakan bermain melawan Timnas Indonesia tidak mudah. Oleh sebab itu, ia mengaku belajar banyak dari laga ini sebagai modal menatap partai berikutnya.

Ada pun selanjutnya Timnas Indonesia gantian dijamu Vietnam pada matchday 4 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua di Stadion My Dinh, Hanoi. Duel akan tersaji pada 26 Maret 2024.

Kekalahan di Jakarta sendiri membuat Vietnam harus menang di laga selanjutnya untuk menjaga asa lolos ke babak berikutnya di babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini.

"Kami berambisi menang di pertandingan kandang (melawan Indonesia) karena kami sangat ingin lolos ke putaran selanjutnya. Kami sangat ingin membalas kekalahan (di SUGBK) ini," kata Troussier dalam pernyataan resminya yang dikutip Jumat (22/3/2024).

Pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier (tengah) saat pertandingan melawan Timnas Indonesia pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier saat pertandingan melawan Timnas Indonesia pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

"Ya, kami percaya pada prosesnya. Kami punya kesempatan untuk mendapat tambahan poin jika menang di laga selanjutnya," sambung juru taktik kawakan asal Prancis itu.

"Meskipun kami kalah dalam pertandingan kali ini, saya pikir sikap yang ditunjukkan para pemain sudah bagus. Namun, tentu kami harus bermain lebih efisien."

Lebih lanjut, saat di Hanoi nanti, Vietnam diyakininya bakal lebih gereget. Dukungan suporter tuan rumah akan membuat Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan cukup tertekan.

"Saya sangat optimistis bahwa kami akan menciptakan kesulitan bagi Indonesia di pertandingan selanjutnya. Dan kami yakin akan unggul dua poin lagi atas Indonesia, seperti sebelum pertandingan di Jakarta ini," tutur Troussier.

"Kami berharap kami mendapat atmosfer yang sama di Hanoi seperti atmosfer yang dirasakan Timnas Indonesia saat bertanding di SUGBK," pungkas eks pelatih Timnas Jepang, Qatar dan Afrika Selatan itu.

Vietnam sendiri layak pede bisa meraih hasil positif melawan Timnas Indonesia pada Selasa pekan depan.

Pasalnya, tim berjuluk The Golden Star Warriors memegang rekor tak terkalahkan kontra skuad Garuda di kandang yang sudah berlangsung 20 tahun.

Di klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, Vietnam kini tertahan di peringkat ketiga dengan 3 poin dari tiga pertandingan.

Sementara kemenangan semalam membuat Timnas Indonesia kini naik ke posisi kedua dengan poin 4, di bawah Irak yang mantap memuncaki klasemen dengan poin sempurna 9.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #genderang #perang #ditabuh #vietnam #kaul #balas #dendam #kesumat #pada #timnas #indonesia #hanoi

KOMENTAR