Sosok Noah Gesser, Pesepak Bola yang Bermimpi Bela Timnas Indonesia
Striker Ajax Youth keturunan Indonesia, Noah Gesser. (Dok. Ajax).
15:54
22 Maret 2024

Sosok Noah Gesser, Pesepak Bola yang Bermimpi Bela Timnas Indonesia

Momen mengharukan terjadi saat Tim Nasional Sepak Bola Indonesia menekuk Vietnam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (21/3/2024) malam lalu. Bukan sekadar kemenangan bagi timnas Indonesia, namun bek Justin Hubner juga menerima hadiah dari fans berupa poster bergambar Noah Gesser, yang bikin laga itu berakhir cukup melow. Namun, siapa sebenarnya Noah Gesser?

Noah Gesser berperan penting dalam proses naturalisasi Justin Hubner. Pesepakbola yang pernah merumput di klub Inggris, Wolves itu mengambil keputusan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) itu berkat Noah Gesser sang sahabat. Kini, Timnas Indonesia memiliki Justin Hubner sebagai bek yang bisa diandalkan. 

Noah Gesser, Justin Hubner, dan Ivar Jenner diketahui bersahabat dekat. Ketiganya sama – sama menimba ilmu sepak bola di Belanda. Jenner dan Hubner kini membela timnas Indonesia. Sementara Noah Gesser belum sempat mencapai mimpinya. Pemain Akademi Ajax Amsterdam itu meninggal dunia akibat kecelakaan mobil pada 2021 lalu. 

Padahal sebelumnya Noah Gesser kerap bertemu dengan Ivar Jenner dan Justin Hubner. Ketiganya pun berjanji untuk membela timnas Indonesia suatu saat nanti. Noah Gesser lahir pada 27 Februari 2005 dari ayah Belanda dan ibu asal Indonesia.

Karier sepak bola Noah dimulai sejak kecil di mana ia bergabung dengan tim lokal VVIJ karena sering ikut latihan sang kakak dan memainkan bola sendiri. Hal itu membuat tim pelatih VVIJ merekrutnya sebelum ia pindah IJFC dari U-9 hingga U-11 yang kemudian ia lanjutkan ke Almere City.

Pasca membela Almere City, Noah pindah ke klub Alphense di mana dari klub tersebut ia mendapat perhatian dan menjadi incaran Ajax dan Feyenoord. Pada 2018, Noah memilih melanjutkan pendidikan sepak bolanya di akademi Ajax di mana ia langsung nyetel dengan tim U-15 De Godenzonen.

Di musim 2019/20, Noah menjadi top skor Ajax Youth dengan torehan 14 gol dan 10 assist hasil dari 19 pertandingan di U-15 dan dua pertandingan U-16. Atas penampilan itu, nama Noah kian melambung. Banyak yang menduga bahwa ia akan meneruskan tradisi Ajax melahirkan penyerang berbakat seperti Marco van Basten dan Patrick Kluivert.

Di tengah kesibukan menimba ilmu di Ajax, pada 2020 lalu nama Noah diperbincangkan karena dirinya membuka peluang membela Indonesia suatu saat nanti saat diwawancarai YouTuber, Yussa Nugraha.

“Kalau timnas Indonesia memanggil saya, saya akan mengapresiasinya. Bahkan jika itu terjadi sekarang, kemungkinan besar saya akan datang,” ucap Noah.

Seperti diketahui, Hubner baru saja menjalani sumpah WNI di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Cawang, Jakarta, pada pertengahan Desember 2023 lalu. Justin Hubner menghadiri acara ini bersama tiga orang lain yang juga mengajukan permohonan menjadi WNI.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #sosok #noah #gesser #pesepak #bola #yang #bermimpi #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR