Timnas Indonesia vs Vietnam: Dua Pemain yang Berpeluang Debut di Skuad Garuda, Cap No.1
Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes. (dok. PSSI)
17:42
21 Maret 2024

Timnas Indonesia vs Vietnam: Dua Pemain yang Berpeluang Debut di Skuad Garuda, Cap No.1

Dua pemain berpeluang besar debut bersama Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On yang di ambang mencapatkan cap nomor satunya bersama skuad Garuda senior.

Timnas Indonesia siap meladeni perlawanan Vietnam di matchday 3 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam ini pukul 20:30 WIB.

Ada empat pemain pendatang baru di skuad Timnas Indonesia pilihan pelatih Shin Tae-yong untuk jeda internasional Maret ini. Keempat pemain ini baru dinaturalisasi yakni Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, dan Thom Haye.

Ada kesempatan bagi mereka untuk melakoni debut bersama Timnas Indonesia, baik pada laga kandang melawan Vietnam maupun pada laga tandang di Hanoi 26 Maret nanti.

Untuk Jay Idzes, bek sentral berusia 23 tahun ini punya peluang melakoni debut bersama Timnas Indonesia di laga kandang malam ini.

Administrasi dari pemain yang bermain di klub Venezia di Italia ini sudah lengkap. Dan dia masuk pada momen yang tepat, pada saat skuad Garuda kehilangan dua bek tengah andalan karena mengalami cedera yaitu Elkan Baggott dan Jordi Amat.

Berikutnya, ada bek kiri Nathan Tjoe-A-On yang juga sudah merampungkan proses administrasinya setelah resmi jadi WNI.

Pemain SC Heerenveen, Nathan Tjoe-A-On. [IG @nathantjoeaon]Pemain SC Heerenveen dan Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On. [IG @nathantjoeaon]

Peluang debutnya pada laga melawan Vietnam di SUGBK pun terbuka lebar, tergantung strategi dan taktik dari Shin Tae-yong dalam pertandingan nanti.

Hal yang perlu diperhatikan adalah posisi bermain Nathan yang berperan sebagai fullback kiri, sama dengan posisi bermain Pratama Arhan.

Akan tetapi, Nathan yang berusia 22 tahun diketahui juga mahir beroperasi sebagai bek tengah, sehingga kansnya tampil sejak menit awal pun tetap terbuka jika Timnas Indonesia turun dengan skema tiga bek sentral.

Berbeda dengan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On yang lebih dulu menjadi WNI, Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye datang belakangan.

Keduanya telah resmi menjadi WNI, namun untuk melakoni debut di laga malam ini masih terkendala administrasi.

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen masuk ke dalam 26 pemain Timnas Indonesia yang diproyeksikan Shin Tae-yong untuk laga back-to-back melawan Vietnam.

Namun, mereka belum bisa bermain pada laga matchday 3 Grup F malam ini. Hal ini karena keduanya harus berpindah federasi terlebih dahulu dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia), agar bisa bermain bersama skuad Garuda.

Akan tetapi, keduanya diupayakan PSSI bisa bermain saat melawan Vietnam di My Dinh Stadium, Hanoi untuk matchday 4 Grup F pada 26 Maret mendatang.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #timnas #indonesia #vietnam #pemain #yang #berpeluang #debut #skuad #garuda

KOMENTAR