Bahas Kiprah Ten Hag di Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer Kirim Doa
Mantan pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. [IAN KINGTON / AFP]
18:00
7 Maret 2024

Bahas Kiprah Ten Hag di Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer Kirim Doa

Tak ada rasa sakit hati bagi Ole Gunnar Solskjaer meski dirinya didepak secara menyakitkan dari kursi pelatih Manchester United pada 2021 lalu. Bahkan, ia mendoakan yang terbaik bagi manajer Manchester United saat ini, Erik ten Hag.

DIpercaya mengambil alih Manchester United sebagai pelatih interim pada Desember 2018 usai Jose Mourinho dipecat, Ole Gunnar Solskjaer lantas dipercaya jadi pelatih tetap sebelum didepak hampir tiga tahun kemudian pada November 2021.

Hasil-hasil buruk pada awal musim 2021/2022, menyusul kekalahan di final Liga Europa pada musim sebelumnya, membuat Solskjaer kehilangan jabatannya.

Solskjaer, yang merupakan legenda Manchester United, memperkuat Setan Merah sebagai pemain pada 1996-2007 termasuk mencetak gol kemenangan di final Liga Champions pada 1999, mengaku masih sangat mencintai klub yang membesarkan namanya sebagai pemain dan pelatih itu.

Masih menganggur sebagai pelatih semenjak dipecat Manchester United, Solskjaer akhirnya untuk pertama kali angkat bicara soal Setan Merah saat ini yang kini dibesut Erik ten Hag.

Ten Hag sendiri kini juga mulai di bawah tekanan besar pemecatan menyusul hasil-hasil buruk Manchester United sejak awal musim 2023/2024 ini.

Manajer Manchester United, Erik ten Hag. [G KYRK / AFP]Manajer Manchester United, Erik ten Hag. [G KYRK / AFP]

Tak ada sentimen atau rasa iri pada Ten Hag, Solskjaer justru berharap pelatih asal Belanda itu bisa sukses besar bersama Manchester United. Solskjaer tak ingin Ten Hag bernasib sama seperti dirinya.

"Ini seperti deja vu. Apa yang Erik rasakan saat ini, saya pernah merasakan sebelumnya. Tim inkonsisten, satu waktu bisa sangat bagus, tapi tiba-tiba saja bisa drop. Anda tidak tahu apa yang akan Anda dapat dari tim Anda," ucap Solskjaer dalam podcast Stick to Football bersama rekan setimnya di Manchester United, Gary Neville.

"Saya mendoakan yang terbaik untuk Erik. Saya mantan pemain dan mantan pelatih United, tapi di atas itu semua, saya pendukung United. Kita semua ingin klub ini kembali ke puncak dan saya harap kita bisa meraih itu bersama Erik," sambung pria Norwegia berusia 51 tahun itu.

Bersama Solskjaer sebagai manajer, Manchester United sempat finis ketiga dan runner-up di Liga Inggris, namun pria berjuluk 'Pembunuh Berwajah Bayi' itu gagal mempersembahkan trofi.

Sementara itu, Ten Hag pada musim lalu, yang merupakan musim perdananya menukangi Manchester United, sukses mengakhiri puasa gelar Setan Merah yang sudah berlangsung enam tahun.

Eks pelatih Utrecht dan Ajax itu membawa Manchester United merengkuh gelar Piala Liga Inggris, sembari meloloskan Setan Merah ke final Piala FA serta finis ketiga di Premier League.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #bahas #kiprah #manchester #united #gunnar #solskjaer #kirim

KOMENTAR