Persib vs Persija: Laga Hambar Tanpa Suporter, Thomas Doll Malah Berharap Bobotoh Tetap Ada
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll saat ditemui di Lapangan Nirwana Park, Depok, Rabu (6/3/2024). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]
23:00
6 Maret 2024

Persib vs Persija: Laga Hambar Tanpa Suporter, Thomas Doll Malah Berharap Bobotoh Tetap Ada

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll berharap Bobotoh bisa tetap hadir saat timnya menghadapi Persib Bandung dalam laga pekan ke-28 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (6/3/2024) nanti. Baginya, pertandingan besar Persib vs Persija akan hambar jika tanpa suporter.

Memang, kelompok suporter Persija, Jakmania tidak akan bisa datang ke Bandung karena kentalnya rivalitas.

Namun, Thomas Doll ingin kelompok supoter Persib, Bobotoh tetap ada untuk meningkatkan gairah pertandingan, meski nantinya itu akan memberikan dorongan semangat luar biasa pada tim tuan rumah, sekaligus memberikan tekanan berat buat Persija.

"Semoga tidak (terkena hukuman Komdis PSSI). Karena sepak bola adalah 'emosi' dengan suporter. Menurut saya, tentu pendukung kami tidak bisa pergi ke Bandung. Tapi, semoga ada yang duduk di stadion, karena tidak bagus ketika kamu memainkan derbi terpenting di Indonesia tanpa penonton," kata Thomas Doll saat ditemui di Lapangan Nirwana Park, Depok, Rabu (6/3/2024).

Sekadar informasi, duel Persib vs Persija memang terancam tanpa dukungan suporter. Ini sesuai keputusan Komite Disiplin (Komdis) PSSI yang menjatuhi hukuman kepada Persib larangan menggelar pertandingan kandang terdekat di Liga 1 dengan adanya penonton.

Persib dihukum karena ulah suporter yang berbuat onar di luar area stadion saat melawan PSIS Semarang beberapa waktu lalu. Saat ini, manajemen Maung Bandung sedang mengajukan banding dengan harapan sanksi tersebut dicabut.

"Semoga penonton mereka bisa datang. Tentu suporter lawan akan melawan kami (Persija), tapi itu juga adalah motivasi untuk pemain kami. Tentu atmosfernya juga akan berbeda, kami juga akan bermain pada pukul 3 sore akhir pekan ini," kata Thomas Doll.

"Semoga matahari tidak muncul terlalu banyak, karena tidak mudah untuk bermain sepak bola jika (suhu) hampir 40 derajat. Pertandingan seperti ini (derbi) biasanya digelar pada malam hari, lampu hidup dengan stadion yang bagus," sambung eks pelatih Borussia Dortmund itu.

"Saya tahu, mungkin ini karena terlalu banyak risiko, mungkin kepolisian juga yang memutuskan hal ini, tentu kami harus mengikuti peraturannya. Itu tidak masalah."

Thomas Doll mengatakan Persija akan bermain bagus di laga nanti. Harapannya bisa mencuri tiga poin buat dibawa pulang ke Jakarta.

"Semua orang saat ini memperhatikan laga ini. Saya berharap kami semua siap setelah pertandingan terakhir, kepercayaan diri kembali. Kita lihat nanti," pungkasnya.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #persib #persija #laga #hambar #tanpa #suporter #thomas #doll #malah #berharap #bobotoh #tetap

KOMENTAR