Berenang 400 Meter, Bersepeda 20 Kilometer, dan Berlari 5 kilometer dalam Anniversary Triathlon Buddies 2024
Komunitas Triathlon Buddies akan menggelar Anniversary Triathlon Buddies 2024. (Istimewa)
11:06
6 Maret 2024

Berenang 400 Meter, Bersepeda 20 Kilometer, dan Berlari 5 kilometer dalam Anniversary Triathlon Buddies 2024

–Komunitas Triathlon Buddies akan menggelar Anniversary Triathlon Buddies 2024. Itu adalah kali kesebelas komunitas tersebut menggelar acara serupa.

Pada edisi ke-11, komunitas Triathlon Buddies mengusung tema Sign up as a stranger, finish as a community. Anniversary Triathlon Buddies sudah rutin digelar sejak 2012. Kegiatan itu pernah dilakukan di beberapa tempat. Salah satunya, Tangerang. Sampai akhirnya, kegiatan itu difokuskan di kawasan Gelora Bung Karno. Nah, pada edisi 2024, kegiatan itu diselenggarakan pada 9 Maret.

Salah seorang founder Triathlon Buddies Chaidir Akbar menjelaskan, lomba triathlon itu dikhususkan untuk pemula. Karena itu, persyaratan utama untuk menjadi peserta adalah belum pernah mengikuti event triathlon profesional lain.

”Kami menggelar triathlon ini khusus pemula karena tidak ingin para peserta merasa terintimidasi dengan adanya peserta lain yang pernah mengikuti triathlon profesional seperti Ironman. Kan tidak nyaman kalau ada yang memakai kaus finisher triathlon profesional,” ujar Akbar.

Race Director Anniversary Triathlon Buddies 2024 Falla Adinda menambahkan, syarat lain bagi peserta yang ingin mengikuti ajang itu adalah minimal berusia 17 tahun. Namun, Anniversary Triathlon Buddies tak menerapkan batas maksimal usia peserta. Sebagai catatan, pernah ada peserta yang berusia 70 tahun pada lomba edisi sebelumnya.

Lewat konsep itu, dia berharap semakin banyak masyarakat yang menyukai triathlon. Sehingga, mampu melahirkan calon atlet andal bagi Indonesia pada masa mendatang.

”Peserta akan ada 250 orang. Semua sudah sold out. Sudah tutup pendaftaran,” ujar Falla.

”Kenapa 250 peserta? Sebab, event triathlon ketika di kolam tidak bisa lebih banyak dari itu. Ini juga berkaitan dengan keterbatasan lokasi Gelora Bung Karno (GBK),” imbuh dia.

Meski lokasinya sama seperti edisi 2023, Anniversary Triathlon Buddies 2024 ada sedikit perbedaan. Tahun ini, rute sepeda akan benar-benar steril. Tahun lalu, saat peserta bersepeda, hanya dilakukan buka-tutup jalur secara situasional.

”Untuk tahun ini, rute sepedanya kami sterilkan. Dari hasil evaluasi itu, kami melakukan negosiasi kepada pihak GBK untuk mensterilkan area jalan di depan untuk event kami bersepeda. Ini demi kenyamanan dan keamanan peserta,” terang Falla.

Tahun ini, para peserta Anniversary Triathlon Buddies 2024 harus menempuh tantangan berenang sejauh 400 meter. Lalu, bersepeda sepanjang 20 kilometer, dan berlari sejauh 5 kilometer.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #berenang #meter #bersepeda #kilometer #berlari #kilometer #dalam #anniversary #triathlon #buddies #2024

KOMENTAR