Timnas Indonesia vs Vietnam: Rumput GBK Jadi Sorotan, Pengelola Diminta Lebih Perhatian
Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan, Jakarta, Jumat (6/3/2020). SUGBK merupakan salah satu venue yang diajukan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 . ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj.
08:30
6 Maret 2024

Timnas Indonesia vs Vietnam: Rumput GBK Jadi Sorotan, Pengelola Diminta Lebih Perhatian

Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni meminta pengelola Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta memberikan perhatian khusus kepada rumput lapangan. Pasalnya, itu adalah salah satu faktor penting dalam menggelar pertandingan internasional.

Terdekat, GBK akan digunakan sebagai venue Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia vs Vietnam, Kamis (21/3/2024). Saat ini, salah satu stadion termegah di Indonesia itu sedang berbenah menyambut laga tersebut.

Salah satu yang sedang dalam pemeliharaan adalah rumput lapangan. Pasalnya, kondisi terakhir ketika digunakan Timnas Indonesia U-20 uji coba melawan Thailand bulan lalu kondisinya sangat mengkhawatirkan.

Pengamat yang akrab disapa Bung Kus itu menyebut jangan sampai kualitas rumput stadion tidak baik saat menjamu Vietnam. Dia berharap pengelola GBK memperhatikan pemeliharaan rumput.

"Kualitas rumput sebagai field of play sangat penting dalam pertandingan sepak bola. Apalagi pertandingan berstandar internasional dalam agenda FIFA Matchday memang menuntut standar tinggi soal kualitas lapangan," ujar Bung Kus kepada wartawan.

"Penggunaan stadion untuk kegiatan politik, budaya, atau keagamaan sah-sah saja. Yang penting pengelola GBK bisa menghitung dengan cermat jarak antara kegiatan tersebut dengan masa pemulihan dan perawatan menuju pertandingan selanjutnya."

Jurnalis senior dan komentator sepakbola, M Kusnaeni. [Instagram @mohamadkusnaeni]Jurnalis senior dan komentator sepakbola, M Kusnaeni. [Instagram @mohamadkusnaeni]

"Jika melihat kondisi terakhir saat ini, memang agak mengkhawatirkan. Tapi pengelola GBK sebetulnya masih punya waktu untuk mengoptimalkan pemulihan kondisi rumput agar layak pakai. Apalagi saat ini masih periode musim hujan yang relatif lebih kondusif untuk perawatan rumput," ujar Bung Kus menegaskan.

Selain rumput, Bung Kus juga mengingatkan fasilitas SUGBK lainnya. Jangan sampai kualitas stadion yang sangat baik jadi menurun.

"Tapi jangan lupakan pula aspek lain, yaitu kesiapan infrastruktur penunjang. Misalnya bangku penonton, fasilitas sanitasi, hingga pagar pemisah antar tribun," jelasnya.

"Ingat, pertandingan nanti pasti akan mengundang puluhan ribu suporter fanatik timnas. Kesiapan fasilitas pendukung kenyamanan dan keamanan pertandingan jangan dianggap enteng. Harus disiapkan sama seriusnya dengan kita menyiapkan lapangan rumputnya," pungkasnya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #vietnam #rumput #jadi #sorotan #pengelola #diminta #lebih #perhatian

KOMENTAR