IJG Menggelar Seri Perdana Premier League 2024
Indonesian Junior Golf (IJG) gelar seri perdana turnamen golf junior 2024 bertajuk Indonesia Junior Golf Premier League pada Jumat hingga Minggu (25/2), di Senayan Golf Club, Jakarta. (Istimewa)
22:46
24 Februari 2024

IJG Menggelar Seri Perdana Premier League 2024

–Perkumpulan Golf Junior Indonesia atau Indonesian Junior Golf (IJG) menggelar seri perdana turnamen golf junior 2024 bertajuk Indonesia Junior Golf Premier League.

Turnamen itu menjadi kalender Turnamen World Amateur Golf Ranking (WAGR) dan Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI). Turnamen itu sudah dimulai pada Jumat (23/2) dan akan berakhir Minggu (25/2). Turnamen berlangsung di Senayan Golf Club, Jakarta.

Turnamen itu merupakan ajang kualifikasi Indonesia untuk IMG Academy Junior World Championship 2024, yang akan dilaksanakan pada 6–11 Juli di beberapa lapangan golf di San Diego, California, Amerika Serikat.

’’Turnamen ini diikuti 77 peserta dari berbagai kelompok usia mulai dari 6 sampai 18 tahun,’’ kata Ketua Umum IJG Denny Uneputty, Sabtu (24/2).

Peserta lanjut dia, berasal dari berbagai akademi, klub, provinsi. Mulai dari DKI Jakarta, Jabar, Banten, DI Jogjakarta, Jateng, dan Jatim. Ada pula peserta yang dari luar negeri, seperti AS, Australia, Taiwan, dan India.

’’Khusus kelompok usia 13-18 tahun, turnamen ini juga merupakan perhitungan point WAGR,’’ lanjut Denny.

Adapun kualifikasi Indonesia untuk IMG Academy Junior World Championship 2024, IJG mendapatkan kuota sebanyak 18 peserta dari berbagai kelompok usia yang terdiri atas 9 putra dan 9 putri. Dari peserta turnamen tersebut, terdapat 7 peserta yang telah memiliki peringkat WAGR. Enam putra dan satu putri.

Pada Jumat (23/2), sudah dimulai putaran pertama yang terdiri atas 39 peserta dari kelompok usia 13-18 tahun. Posisi puncak leaderboard sementara untuk Overall Boys diraih William Justin Wijaya (siswa Sekolah Ciputra Surabaya), dengan total pukulan 68 (1 di bawah par).

Sedangkan Overall Girls diraih golfer junior dari Banten Caithlyn Darlene Ong. Total, dia mampu mencatatkan 74 pukulan, lima di atas par.

William Justin Wijaya, yang saat ini menduduki peringkat ke-466 (WAGR per Minggu ke-6, 14/2), pada putaran ke-1 mencetak 6 birdie, 8 par, 3 bogey, dan 1 double bogey.

Posisi kedua sampai keempat diraih Galih Ananta Wiratno, Jonathan Manuel Wijanto, dan Logan He. Ketiganya masing-masing berasal dari Universal School Kemayoran, pegolf junior Surabaya, dan pegolf junior AS. Golfer junior putri Caithlyn Darlene Ong yang saat ini belum punya peringkat WAGR, pada putaran pertama mencetak 4 birdie, 6 par, 7 bogey dan 1 double bogey.

Posisi kedua sampai keempat diraih Reicherin Giftrudy Hanslkie, Maureen Shavelle Jose, dan Redlichlein Revieve Hanslkie. Mereka masing-masing berasal dari golfer junior Jakarta, Sekolah Wesley Pelita Bangsa Pluit, dan Ipeka Integrated Christian School.

Minggu (25/2), kelompok usia 5-12 tahun memulai putaran pertama yang diikuti total 38 peserta. Peserta termuda yang mengikuti turnamen itu adalah Maria Jovanka Indrawan. Usianya masih 6 tahun dan bersekolah di SD Tarakanita 5 Rawamangun.

Dia ikut berpartisipasi pada ajang kualifikasi Indonesia untuk IMG Academy Junior World Championship 2024. Tim wasit pada turnamen itu terdiri atas Kamil Arief (Direktur Turnamen) yang dibantu Kepala Wasit Mohammad Rokib sebagai kepala wasit serta wasit Rinaldy Macellak dan  Bayu Madendra.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #menggelar #seri #perdana #premier #league #2024

KOMENTAR