Pemegang Rekor Dunia Maraton, Kelvin Kiptum Meninggal Dunia dalam Kecelakaan Mobil
Kelvin Kiptum yang membuat sejarah pada Oktober 2023 ketika ia mencatat waktu 2:00:35 dalam Chicago Marathon. (Daily Mail)
12:08
12 Pebruari 2024

Pemegang Rekor Dunia Maraton, Kelvin Kiptum Meninggal Dunia dalam Kecelakaan Mobil

 

– Pemegang rekor dunia maraton, Kelvin Kiptum meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan mobil pada Minggu (11/2) malam di negara asalnya, Kenya.

Pelatihnya, Gervais Hakizimana juga turut menjadi korban dalam kecelakaan yang terjadi di jalan Eldoret-Kaptagat, Kenya pada pukul 23.00 waktu setempat.

“Ini adalah kecelakaan tunggal, dimana Kelvin Kiptum, pemegang rekor dunia maraton, mengendarai kendaraannya dengan dua penumpang,” kata Komandan wilayah setempat dikutip dari Olympics.

Menurut informasi, Kiptum kehilangan kendali atas mobilnya dan keluar dari jalan raya sebelum akhirnya menabrak pohon.

Kiptum dan Hakizimana tewas di tempat, sementara satu penumpang lainnya dilarikan ke rumah sakit.

Atlet yang masih berusia 24 tahun itu membuat catatan sejarahnya pada Oktober 2023 lalu ketika ia mencatat waktu 2:00:35 dalam Chicago Marathon, memecahkan rekor Eliud Kipchoge pada tahun 2022 dengan selisih 34 detik.

Catatan waktu bersejarahnya baru disahkan secara resmi oleh World Athletics pada Selasa (6/2) lalu.

Presiden Asosiasi Federasi Atletik Dunia, Sebastian Coe memimpin upacara penghormatan kepada Kiptum dengan mengatakan bahwa ia adalah atlet luar biasa yang meninggalkan warisan luar biasa.

“Kami terkejut dan sangat sedih atas kehilangan Kelvin Kiptum dan pelatihnya, Gervais Hakizimana,” tulisnya di akun X miliknya @sebcoe.

“Atas nama seluruh Atletik Dunia, kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga, teman, rekan satu tim, dan bangsa Kenya,” imbuhnya.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #pemegang #rekor #dunia #maraton #kelvin #kiptum #meninggal #dunia #dalam #kecelakaan #mobil

KOMENTAR