Biodata dan Prestasi Gabriel Han Wilhoft-King, Bintang Muda Tottenham Hotspur yang Tolak Timnas Indonesia U-20
Pemain Tottenham Hotspur, Gabriel Han Willhoft-King memiliki darah Indonesia. (tbrfootball.com)
12:12
11 Januari 2024

Biodata dan Prestasi Gabriel Han Wilhoft-King, Bintang Muda Tottenham Hotspur yang Tolak Timnas Indonesia U-20

Mengupas latar belakang dan prestasi Gabriel Han Wilhoft-King, pemain akademi Tottenham Hotspur yang menolak panggilan membela Timnas Indonesia U-20.

Sebagaimana diketahui, belakangan ini Timnas Indonesia U-20 melakoni pemusatan latihan (TC) di Jakarta hingga akhir bulan Januari 2024 ini.

Pemusatan latihan itu dilakukan guna mempersiapkan diri untuk bertarung di Piala AFF U-19 2023 serta Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Dalam pemusatan latihan ini, Timnas Indonesia U-20 juga direncanakan menjalani laga uji coba yakni melawan Thailand dan Uzbekistan.

Demi menambah kualitas di timnya, Indra Sjafri selaku pelatih pun memanggil beberapa pemain diaspora. Salah satunya adalah Gabriel Han Wilhoft-King.

Sayangnya, pemanggilan terhadap penggawa Tottenham Hotspur U-18 itu berujung penolakan. Dikabarkan penolakan ini karena Wilhoft-King harus menjalani naturalisasi terlebih dahulu.

Proses naturalisasi harus dilakukan Wilhoft-King karena saat ini dirinya memegang paspor Inggris. Bahkan, ia pun juga tercatat sudah membela Timnas Inggris U-16.

Karena kabar penolakan ini, nama Gabriel Han Wilhoft-King menjadi perbincangan di Tanah Air. Seperti apa latar belakang pemain milik Tottenham Hotspur itu?

Biodata Gabriel Han Wilhoft-King

Nama Lengkap: Gabriel Han Wilhoft-King

Nama Panggilan: Gabriel, Han, Wilhoft-King

Tempat Tanggal Lahir: London, Inggris, 24 Januari 2006 (Usia 17 Tahun)

Klub: Tottenham Hotspur

Posisi: Gelandang

Gabriel Han Wilhoft-King merupakan pemain muda berpaspor Inggris yang memiliki hubungan dengan Indonesia dari sang ayah.

Diketahui, sang ayah sempat tumbuh di Jakarta sebelum akhirnya menikah dengan wanita asal Amerika yang punya keturunan China dan Taiwan.

Jika melihat garis keturunannya, maka Wilhoft-King bisa saja membela Indonesia, Inggris, China, Taiwan, Amerika Serikat, India, dan bahkan Jerman.

Karier sepak bola Wilhoft-King sendiri sejak awal sudah bersama Tottenham Hotspur. Ia bergabung tim asal London Utara itu sejak usia 6 tahun atau sejak 2012.

Hingga kini, Wilhoft-King masih bermain bagi Tottenham Hotspur dan kini dirinya bermain untuk tim U-18 dengan mencatatkan total 23 penampilan dan sumbangan 2 gol.

Sebelum dipanggil Indra Sjafri, Wilhoft-King sendiri pernah dipanggil oleh Bima Sakti untuk bermain bagi Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 2023 kemarin.

Tapi pemanggilan itu berujung kegagalan karena Wilhoft-King tak memiliki paspor Indonesia dan harus menjalani proses naturalisasi yang akan memakan waktu panjang.

Di saat bersamaan, China kabarnya juga telah mendekati Wilhoft-King dan menawarkannya kesempatan bermain untuk tim nasional di level kelompok umur.

Namun hingga kini, Wilhoft-King masih memutuskan untuk bermain bagi Timnas Inggris sesuai dengan paspor yang ia miliki.

Prestasi Gabriel Han Wilhoft-King

Berbicara soal prestasinya, salah satu prestasi yang paling membanggakan yang pernah diraih Gabriel Han Wilhoft-King adalah saat dirinya masuk dalam daftar pemain terbaik versi The Guardian.

Pada September 2023 kemarin, Wilhoft-King masuk dalam daftar pemain terbaik kelahiran 2005-2006 di klub-klub Premier League atau Liga Inggris.

Dari kubu Tottenham Hotspur, nama Wilhoft-King masuk dalam daftar bersama 19 pemain lainnya yang membela klub-klub Premier League lainnya.

Dalam keterangan The Guardian, Wilhoft-King dideskripsikan sebagai lihai saat menguasai bola dan memiliki jangkauan operan yang memukau.

Tak ayal di usianya yang baru 17 tahun, Tottenham Hotspur sudah memasukkan Wilhoft-King ke tim U-18 yang bermain di Premier League U-18 2023/2024.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #biodata #prestasi #gabriel #wilhoft #king #bintang #muda #tottenham #hotspur #yang #tolak #timnas #indonesia

KOMENTAR