Cetak Gol Spektakuler, Akram Afif Tak Punya Darah Qatar?
Pemain Qatar Akram Afif (kanan) merayakan kemenangan timnya atas Lebanon di laga perdana Grup A Piala Asia 2023 di Stadion Lusail di Lusail, Doha, Jumat 12 Januari 2024. Permata SAMAD / AFP
09:54
8 Februari 2024

Cetak Gol Spektakuler, Akram Afif Tak Punya Darah Qatar?

Akram Afif menjadi bintang Qatar yang patut diapresiasi dalam kemenangan atas Iran pada semifinal Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Rabu (7/2/2024).

Bagaimana tidak, Akram Afif mencetak satu gol dan mengirimkan satu assist untuk gol pertama Qatar yang dilesakkan oleh Abdulsallam.

Di akhir pertandingan, Qatar pun menang 3-2 atas Iran sekaligus lolos ke partai final Piala Asia 2023. Di partai puncak, mereka akan melawan kuda hitam Yordania.

Berbicara mengenai Akram Afif, pemain 27 tahun itu memiliki silsilah yang menarik. Bahkan, jika dirunut, mungkin tidak ada darah Qatar dalam dirinya.

Akram Afif lahir di Doha, Qatar, pada 11 Maret 1996. Namun, kedua orangtuanya bukan orang Qatar.

Ayah Akram Afif adalah Hassan Afif yang berdarah Somalia-Yaman dan lahirnya di Tanzania. Sementara ibu berasal dari Yaman.

Lantas, bagaimana Akram Afif bisa lahir di Qatar?

Semua dikarenakan sang ayah yang merupakan pesepak bola. Hassan Afif dulunya adalah pemain Timnas Somalia. Ia bermain untuk klub lokal Simba SC dan Horseed FC, kemudian direkrut klub Qatar, Al-Gharafa SC.

Hassan Afif pensiun di Al-Gharafa SC dan mengubah kewarganegaraannya menjadi Qatar. Pasca pensiun, ia melanjutkan kariernya sebagai pelatih di klub yang sama pada 1986-1987.

Hassan Afif pun menyekolahkan sepak bola anaknya di tim junior Al Markhiya Qatar pada 2004. Kemudian pindah ke tim junior Al Sadd Qatar pada 2006.

Setelah itu dia masuk ke Akademi Aspire pada 2009 dan sempat dipinjamkan ke Sevilla pada 2012 hingga 2014.

Meski tidak memiliki darah Qatar, siapa sangka Akram Afif kini sudah mengantongi 100 caps bersama Timnas Qatar dengan sumbangan 30 gol.

Ia sudah mengantarkan Qatar menjuarai Piala Asia 2019 dan berpotensi terulang pada edisi 2023.

Editor: Irwan Febri

Tag:  #cetak #spektakuler #akram #afif #punya #darah #qatar

KOMENTAR