Timnas Indonesia vs Irak: Garuda Pegang Rekor Ciamik di Laga Pertama Piala Asia
Kesempatan uji coba melawan Iran akan menjadi bekal berharga timnas Indonesia terjun di Piala Asia 2023 (pssi.org)
15:12
10 Januari 2024

Timnas Indonesia vs Irak: Garuda Pegang Rekor Ciamik di Laga Pertama Piala Asia

Timnas Indonesia patut optimis jelang menghadapi Irak dalam Grup D Piala Asia 2023. Laga ini dijadwalkan berlangsung di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar pada Senin, 15 Januari mendatang.

Jelang pertandingan ini, Timnas Indonesia yang terseok-seok dalam tiga laga uji coba terakhir bisa menjadikan rekor masa lalu sebagai pelecut semangat.

Skuad Garuda baru empat kali mengikuti Piala Asia yang terjadi beruntun dari edisi 1996 hingga 2007. Dalam periode itu, tim Merah Putih tak pernah kalah di laga perdana fase grup.

Timnas Indonesia tercatat mampu meraih dua kemenangan dan dua hasil imbang dalam laga perdana di empat edisi Piala Asia yang diikuti.

Meski demikian, catatan impresif itu tidak diikuti keberhasilan Timnas Indonesia untuk lolos ke fase knock-out alias babak 16 besar.

Penyerang Timnas Indonesia, Rafael Struick (Kanan) Saat Melakoni Laga Kontra Libya. (pssi.org)Penyerang Timnas Indonesia, Rafael Struick (Kanan) Saat Melakoni Laga Kontra Libya. (pssi.org)

Pada edisi 2023, Timnas Indonesia ditarget PSSI dan pelatih Shin Tae-yong untuk bisa setidaknya lolos dari fase grup.

Kendati berat, catatan impresif di laga perdana fase grup Piala Asia bisa menjadi modal skuad Garuda untuk menjaga asa melangkah ke babak 16 besar.

Pada edisi 1996, Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Kuwait 2-2 dalam laga perdana fase grup.

Skuad Garuda bahkan sempat unggul dua gol lebih dulu melalui gol salto legendaris yang dicetak Widodo Cahyono Putro serta Ronny Wabia.

Namun, Kuwait berhasil mengembalikan momentum di mana mereka sukses mencetak dua gol pada 17 menit terakhir waktu normal untuk memaksa pertandingan imbang 2-2.

Pada edisi 2000, Timnas Indonesia juga berhasil menahan imbang Kuwait dalam turnamen yang digelar di Lebanon. Pertandingan kala itu berakhir imbang tanpa gol.

Sementara pada edisi 2004, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan di laga perdana fase grup. Ini juga jadi kali pertama mereka merasakan kemenangan di Piala Asia.

Saat itu, Timnas Indonesia menghadapi Qatar. Mereka sukses menang 2-1 berkat gol-gol yang dicetak Budi Sudarsono dan Ponaryo Astaman.

Pada 2007, di mana Timnas Indonesia menjadi salah satu tuan rumah bersama Malaysia, Vietnam dan Thailand, mereka juga berhasil meraih kemenangan di laga perdana fase grup.

Timnas Indonesia mengalahkan Bahrain dengan skor tipis 2-1. Gol-gol dalam laga tersebut dicetak Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas.

Selepas itu, Timnas Indonesia tak pernah lagi tampil di Piala Asia, sebelum Shin Tae-yong meloloskan mereka lagi pada edisi 2023 alias 17 tahun berselang.

Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam. Turnamen akbar di Benua Kuning ini akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #irak #garuda #pegang #rekor #ciamik #laga #pertama #piala #asia

KOMENTAR