Timnas Indonesia Pernah Dikuliti Bahrain, Erick Thohir: Ya Wajar
Timnas Indonesia Pernah Dikuliti Bahrain, Erick Thohir: Kita Berdosa [Tangkap layar Youtube]
23:36
9 Oktober 2024

Timnas Indonesia Pernah Dikuliti Bahrain, Erick Thohir: Ya Wajar

Catatan sejarah buruk pernah ditorehkan Timnas Indonesia saat jumpa Bahrain, lawan yang akan dihadapi esok hari, Kamis (10/10) dalam lanjutan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia pernah dikuliti Bahrain dengan skor telak 0-10 pada 29 Februari 2012. Saat itu Timnas Indonesia dilatih oleh Aji Santoso.

Pasukan Aji Santoso saat itu kebobolan 10 gol tanpa balas di Bahrain National Stadium. Fakta sejarah ini rupanya membuat pelatih Shin Tae-yong terkaget-kaget.

Ketua umum PSSI Erick Thohir mengakui bahwa Shin Tae-yong sangat kaget bahwa dahulu tim Merah Putih pernah kebobolan 10 gol lawan Bahrain.

Baca Juga: Sahabat Sejati! Ini Satu-satunya Negara ASEAN yang Siarkan Laga Bahrain vs Timnas Indonesia

Erick Thohir (pssi.org)Erick Thohir (pssi.org)

Erick bilang bahwa Shin Tae-yong tidak mengetahui latar belakang sejarah yang membuat Timnas Indonesia pada 2019 dibantai dengan skor begitu mencolok.

"Itu pas dualisme PSSI, dualisme liga. Saya juga masih muda banget dong. Ya waktu itu akhirnya kan kita tidak bisa mengirimkan tim terbaik. Ya wajar dibantai. Tetapi itu kan menjadi pelajaran buat kita," ujar Shin Tae-yong kepada awak media.

Disampaikan oleh Erick, untuk tahun ini, ia berharap sebagai bangsa yang besar, Timnas Indonesia bisa mewujudkan impian banyak orang menjadi tim terbaik. Semangat persatuan dan kesatuan harus dikedepankan kata ketum PSSI itu.

"Kalau kita pecah-pecah kayak dulu, masih punya ego sektoral, timnas sendiri, liga gak mau berhenti, EPA dan Soeratin jadwalnya bertabrakan, yang main timnas kalau enggak memperkuat Piala Soeratin di-blacklist, ya itu kehancuran kita," jelasnya.

"Justru itulah komitmen kita harus bisa mengatur semuanya lebih baik supaya timnas Indonesia lebih, jangan sampai dibantai 10-0 seperti dulu," tambahnya.

Baca Juga: Timnas Indonesia Terus Tambah Pemain Naturalisasi, Erick Thohir: Tergantung...

Ditegaskan oleh Erick bahwa catatan buruk dibantai 0-10 oleh Bahrain menjadi hal memalukan sebagai bangsa dan negara.

"Kita berdosa tidak bisa mempersiapkan tim dengan sebaik-baiknya karena ego pemimpin, ego kekuasaan tapi tidak mencari solusi untuk marwah dan martabat bangsa, sehingga kita bisa lebih baik," tegasnya.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #timnas #indonesia #pernah #dikuliti #bahrain #erick #thohir #wajar

KOMENTAR