Biodata dan Profil Elkan Baggott, Striker Timnas Indonesia Cetak Gol Bunuh Diri Lawan Australia
Potret Elkan Baggot. (Dok. PSSI)
14:06
29 Januari 2024

Biodata dan Profil Elkan Baggott, Striker Timnas Indonesia Cetak Gol Bunuh Diri Lawan Australia

Timnas Indonesia dibantai Australia dalam babak babak 16 besar Piala Asia di Stadion Jassin bin Hamad, Al Rayyan, Qatar Minggu (28/1/2024). Timnas Indonesia yang dilatih Shin Tae-yong kalah 0-4 melawan Australia.

Dalam pertandingan itu, salah satu pemain Timnas Garuda, Elkan Baggot turut menjadi sorotan karena melakukan blunder. Sosok yang berperan sebagai striker itu mencetak gol bunuh diri.

Elkan blunder saat memblok bola yang diumpan oleh gelandang timnas Australia, Jackson Irvine dari kotak penalti gawang Indonesia. Alhasil, bola yang harusnya diumpan balik malah masuk ke gawang Timnas Indonesia, sehingga menyebabkan timnya kebobolan di menit ke-12.

Pertandingan ini mengakhiri perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia. Kendati demikian, Timnas Indonesia tetap mendapat banyak dukungan dari masyarakat. Apalagi Timnas Indonesia telah mencetak sejarah dengan maju ke babak 16 besar Piala Asia untuk kali pertama.

Sementara itu, sosok Elkan Baggott sendiri mulai dikenal publik saat dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat skuad Garuda pada 2020. Kala itu, ia bergabung dalam timnas U-19.

Lalu, seperti apa sosok Elkan Baggott sebenarnya? Simak inilah profil dan biodata Elkan Baggott selengkapnya.

Profil Elkan Baggott

Elkan Baggott (Instagram/Elkan Baggott)Elkan Baggott (Instagram/Elkan Baggott)

Pemilik nama lengkap Elkan William Tio Baggott mulai dikenal publik saat memperkuat timnas Garuda U-19 pada tahun 2020. Ia menjalani debut dalam laga persahabatan melawan Makedonia Utara.

Pria kelahiran Thailand, 23 Oktober 2002 ini merupakan pemain keturunan Indonesia dan Inggris. Namun ia menghabiskan masa kecilnya di Thailand, sebelum akhirnya berpindah ke Indonesia pada 2008.

Ketertarikan Elkan terhadap sepak bola sudah muncul sejak ia masih belia. Saat bersekolah di British International School Jakarta, Elkan terpilih sebagai kapten tim sepak bola sekolahnya.

Elkan kecil juga mengikuti sekolah sepak bola di Jakarta sebagai wadah untuk menyalurkan ketertarikannya terhadap sepak bola.

Pada 2011, Elkan dan keluarganya memutuskan pindah ke Inggris. Ia kemdian menetap di Inggris sambil merintis karier sepak bolanya.

Sampai akhirnya pada 2019, Elkan berhasil bergabung dengan tim junior Ipswich Town. Ia mendapat beasiswa selama dua tahun. Selama satu tahun berkarier dengan tim junior, Elkan kerap menampilkan performa yang bagus.

Setahun berselang, Elkan pun diminta bergabung dengan klub senior Ipswich Town pada 2020.

Pada tahun yang sama, namanya juga dipanggil PSSI untuk memperkuat skuad Garuda U-19. Elkan lantas melakukan debut pertamanya bersama timnas Indonesia U-19 saat laga melawan Makedonia Utara/

Performa maksimal yang ditunjukkan Elkan selama laga persahabatan membuatnya kembali dipanggil PSSI. Ia dipercaya masuk skuad Timnas Indonesia senior. Namun saat itu, Elkan sempat menolak panggilan itu karena pandemi Covid-19.

Elkan lantas menandatangi kontrak profesional pertamanya dengan Ipswich Town pada 2021, usai menyelesaikan beasiswa. Sosoknya mencatat rekor sebagai pemain Indonesia pertama yang berlaga di Liga Inggris.

Pada akhir 2021, Elkan memutuskan kembali bergabung dengan Timnas Indonesia senior. Ia melakukan debut dalam laga persahabatan melawan Afghanistan pada November 2021.

Lagi-lagi, Elkan kembali mencuri perhatian dengan performanya yang meningkat. Ia kembali bergabung dengan timnas Indonesia senior dan melakukan debut resmi pertamanya melawan Laos di Kejuaraan AFF pada akhir 2021.

Elkan pun terus dimainkan dalam berbagai laga, mulai Timnas Indonesia U-23 maupun Timnas Indonesia senior hingga saat ini.

Performa cemerlang Elkan bahkan membuat Ipswich Town juga memperpanjang kontraknya hingga 2025. Selama berlaga di Ipswich, Elkan juga beberapa kali menjadi pemain pinjaman. Seperti di klub King's Lynn Town, Gillingham, dan Cheltenham Town.

Keputusan Elkan menjadi warga negara Indonesia dilakukan pada 2020. Sosoknya memang bukan termasuk pemain naturalisasi lantaran memilih untuk menjadi WNI saat berusia 18 tahun.

Biodata Elkan Baggott

Bek Ipswich Town, Elkan Baggott. [doc. Ipswich]Bek Ipswich Town, Elkan Baggott. [doc. Ipswich]

Nama lengkap : Elkan William Tio Baggott 

Nama panggilan : Elkan

Tempat, tanggal lahir : Bangkok, 23 Oktober 2002

Garis keturunan : Indonesia - Inggris

Klub saat ini : Ipswich Town

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #biodata #profil #elkan #baggott #striker #timnas #indonesia #cetak #bunuh #diri #lawan #australia

KOMENTAR