Bakal Dinaturalisasi, Maarten Paes Segera Reuni dengan Shayne Pattynama di Timnas Indonesia
Maarten Paes saat membela FC Dallas (mlssoccer.com)
17:36
9 Januari 2024

Bakal Dinaturalisasi, Maarten Paes Segera Reuni dengan Shayne Pattynama di Timnas Indonesia

Maarten Paes akan segera bereuni dengan Shayne Pattynama di Timnas Indonesia setelah dikonfirmasi bakal menjalani proses naturalisasi.

Kepastian ini disampaikan langsung oleh Erick Thohir yang bertemu dengan kiper klub MLS, Dallas FC, tersebut. Paes juga disebut Erick sudah berpamitan dengan nenek dan orang tuanya.

“Nanti malam saya akan makan sama Maarten Paes yang jauh-jauh dari Dallas, dari Amerika Serikat,” ungkap Erick Thohir kemarin saat menghadiri Konferensi Pers Garudayaksa di Stadion Gelora Bung Karno (8/1/2023).

“Ini investasi, (dia) sendiri mau memperkuat timnas, terharu enggak? Saya mah luar biasa,” lanjutnya.

Maarten Paes yang berkiprah di MLS ini bukan kiper main-main. Posisinya sebagai kiper utama di FC Dallas, memberikan menit bermain yang bagus. Demikian pula dengan capaian prestasinya.

Maarten Paes adalah pesepakbola kelahiran Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Untuk darah Indonesia sendiri, diketahui bahwa Maarten Paes memiliki darah keturunan dari sang nenek yang lahir di Tanah Air.

Kariernya di MLS dimulai saat pada Januari 2022. Ia dipinjamkan oleh FC Utrecht ke FC Dallas, namun Maarten Paes langsung jadi pilihan utama di bawah mistar.

Tak ayal enam bulan berselang atau pada Juli 2022, FC Dallas memutuskan mempermanenkan Maarten Paes dengan biaya 1 juta euro.

Jauh sebelum di MLS, Paes mengawali kiprah di VV Union, sebelum akhirnya bermain bagi tim tanah kelahirannya, yakni NEC Nijmegen.

Di NEC Nijmegen, Maarten Paes bermain sejak level akademi hingga berhasil menembus tim utama sebagai kiper pelapis sejak tahun 2016.

Maarten Paes mencari peruntungan baru dengan pindah ke FC Utrecht pada 2018. Sayangnya, ia tak tampil reguler di sana dengan catatan 48 penampilan sebelum pindah ke FC Dallas.

Nah saat bergabung dengan FC Utrecht ini, Maarten Paes pernah satu tim dengan Shayne Pattynama di FC Utrecht U-21 alias Jong Utrecht.

Keduanya pernah sama-sama membela Jong Utrecht pada tahun 2017 hingga 2019 silam. Setelahnya, Maarten Paes berhasil promosi ke tim utama FC Utrecht, sedangkan Shayne Pattynama memutuskan hijrah ke klub Belanda, SC Telstar.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arif Budi

Tag:  #bakal #dinaturalisasi #maarten #paes #segera #reuni #dengan #shayne #pattynama #timnas #indonesia

KOMENTAR