Upayakan Basket Indonesia Berkembang, Perbasi Buka Kesempatan Pebasket Muda untuk Berlatih di Lithuania
Perbasi gandeng Lithuania kembangkan pebasket usia muda Indonesia (Indonesiabasketball.or.id)
10:16
25 Januari 2024

Upayakan Basket Indonesia Berkembang, Perbasi Buka Kesempatan Pebasket Muda untuk Berlatih di Lithuania

 

Perbasi atau Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia mulai mengupayakan olahraga basket di tanah air untuk terus berkembang.

Salah satu upaya yang tengah dilakukan yaitu membuka kesempatan bagi 100 pebasket muda berusia 14 hingga 18 tahun untuk berlatih di sekolah basket di negara Eropa Lithuania.

Perbasi akan melakukan pencarian talenta terhadap anak-anak muda ke berbagai daerah di seluruh Indonesia, tentunya akan dilakukan pemantauan pemain secara langsung oleh pelatih nasional.

Program ini merupakan bagian dari implementasi kerja sama antara PP Perbasi dengan Federasi Basket Lithuania (LTU Basketball). Penandatanganan MoU ini sendiri telah dilaksanakan pada 30 Oktober 2023 lalu di Jakarta.

Dikutip Antara Kamis (25/1), Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi, Scouting akan mulai dilakukan pada tanggal 1 sampai 29 Februari 2024.

“Kami mencari 100 pemain usia 14 hingga 18 tahun, kemudian dikumpulkan untuk diseleksi secara langsung,” ungkapnya dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Seleksi nasional tersebut rencananya dilakukan pada awal Maret di Jakarta. Kualitas para pemain muda akan dinilai secara langsung oleh pelatih rekomendasi federasi Bola Basket Lithuania.

“Dipilih Maret karena Lithuania fokus menyelesaikan babak kualifikasi EuroBasket Februari 2024. Setelah itu, pelatih dari Lithuania akan melakukan seleksi terhadap 100 pemain muda Indonesia,” ujar Nirmala.

Selanjutnya, Danny Kosasih selaku Ketum PP Perbasi menjelaskan bahwa dari hasil penjaringan bakat 100 pebasket muda ini akan diseleksi hingga menjadi 15 nama saja. Mereka yang terpilih adalah atlet yang memenuhi kriteria.

Adapun yang menjadi syarat utama adalah memiliki postur tubuh tinggi. Persyaratan tersebut sesuai dengan hasil diskusi dengan federasi Bola Basket Lithuania.

Nantinya 15 pemain hasil seleksi tersebut akan diberangkatkan ke Lithuania selama 6 bulan untuk mendapatkan ilmu dan praktik langsung dari pelatih basket Lithuania.

Upaya ini diharapkan bisa membantu perkembangan basket Indonesia. Dimana nantinya saat mereka kembali dari Lithuania diharapkan bisa menjadi satu tim yang mampu menjadi andalan masa depan Indonesia.

Sementara itu, terkait dengan usia Perbasi membatasi maksimal 18 tahun yang dicari agar memiliki stok melimpah untuk kategori usia ini. Danny berharap ke depan Perbasi bisa leluasa menghadapi berbagai ajang internasional.

“Terdekat, kita akan hadapi SEABA U-18. Jika tim ini lolos maka akan lanjut berjuang di Piala Asia,” ucap Ketum PP Perbasi tersebut.

Selain itu, kebijakan batasan usia 18 tahun ini bertujuan untuk menyukseskan program regenerasi di Timnas Basket Indonesia dan menjaga performa di setiap event bola basket. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #upayakan #basket #indonesia #berkembang #perbasi #buka #kesempatan #pebasket #muda #untuk #berlatih #lithuania

KOMENTAR