Maarten Paes: Dulu Saya Bukan Siapa-siapa tapi Sekarang...
Maarten Paes tepis tendangan penalti Arab Saudi. (Instagram/@maartenpaes)
17:24
3 Oktober 2024

Maarten Paes: Dulu Saya Bukan Siapa-siapa tapi Sekarang...

Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes mengalami nasib sial jelang laga melawan Bahrain dalam lanjutan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kiper FC Dallas itu mengalami cedera pergelangan tangan. Cederanya Paes diumumkan oleh Digital Content Manager FC Dallas, Garrett Melcer di akun sosial media X miliknya.

"Jimmy Maurer menggantikan Maarten Paes (cedera pergelangan tangan) di gawang. Antonio Carrera adalah cadangan," tulis Garrett Melcer.

Kondisi ini membuat Paes harus absen di laga MLS antara FC Dallas melawan San Jose Earthquakes, Kamis (3/10/2024).

Baca Juga: Maarten Paes Cedera, Netizen Serukan Agar Pemain Idaman Shin Tae-yong Segera Dinaturalisasi

Kiper Timnas Indonesia Maarten Paes (IG Maarten Paes)Kiper Timnas Indonesia Maarten Paes (IG Maarten Paes)

Kabar cederanya Maarten Paes pun jadi perhatian publik sepak bola nasional khawatir. Bahkan cuitan tentang Paes sempat jadi treding topic di X.

Faktanya apa-apun yang dialami oleh pemain Timnas Indonesia yang merupakan hasil naturalisasi selalu jadi trending.

Tak hanya Maarten Paes, pemain lain seperti Thom Haye, Jay Idzes, Rafael Struick, Calvin Verdonk, Ragnar Oratmangoen, Shayne Pattynama sampai yang terbaru Mees Hilger dan Eliano Reijnders menjelma jadi bintang di publik sepak bola Indonesia.

Padahal tak ada yang mengenal mereka sebelum memutuskan untuk jadi WNI dan membela Timnas Indonesia. Fenomena ini diangkat oleh salah satu media asing kenamaan The Athletic.

Jurnalis The Athletic, Caoimhe O'Neill mengulas fenomena itu dengan judul artikel, 'How Indonesia turns unknown footballers into adored superstars: ‘We couldn’t leave the hotel’

Baca Juga: Pratama Arhan Jadi Pemain dengan Statistik Paling Ngenes yang Dipanggil Timnas Indonesia

Maarten Paes di artikel itu mengakui bahwa saat ia datang ke Indonesia, dirinya berasa seperti bintang. Namun saat kembali ke Dallas, ia dapat berjalan di keramaian dan tidak ada yang memperhatikan.

Kiper Timnas Indonesia Maarten Paes (IG Maarten Paes)Kiper Timnas Indonesia Maarten Paes (IG Maarten Paes)

Semenjak resmi menjadi WNI dan membela Timnas Indonesia, pertumbungan pengikut Paes di sosial media meroket tajam. Kini Paes punya 1,7 followers di Instagram dan 1,2 juta di Tiktok.

Paes memgaku tidak terkejut dengan hal itu karena menurutnya itu bisa ia lihat dari pemain lain.

"Anda sudah tahu sebelum hal itu terjadi karena Anda telah melihatnuya terjadi pada pemain lain. Negara ini sangat besar dan mereka semua mencinta sepak bola," ucap Paes.

Namun diakui Paes bahwa semenjak ia memutuskan bela Timnas Indonesia, hidupnuya berubah total.

"Saat itulah saya merasa perlu menjalin hubungan dengan media sosial dengan cara yang berbeda. Anda bisa mengabaikan itu (keriuhan di media sosial) untuk sementara waktu karena itu memang membebani," ujarnya.

"Ini seperti tidak nyata bahwa tiba-tiba Anda dipuja oleh begitu banyak pengikut dan kerumunan besar," sambungnya.

Setelah menjalani debut bersama Timnas Indonesia, Paes mengalami pengalaman lebih berkesan soal dirinya sudah jadi bintang. Dua penampilan Paes bersama Timnas Indonesia di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 untungnya cukup impresif.

"Untuk pertama kalinya, semua itu menjadi kenyataan, betapa besarnya ini semua. Awalnya Anda pikir itu hanya angka-angka di sosial media sampai tiba kami tidak bisa pergi meninggalkan hotel karena alasan keamanan," jelasnya.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #maarten #paes #dulu #saya #bukan #siapa #siapa #tapi #sekarang

KOMENTAR