Kami Buzzer STY Makin Meluas, Banyak yang Daftar Tanpa Minta Bayaran
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (pssi.org)
08:24
3 Oktober 2024

Kami Buzzer STY Makin Meluas, Banyak yang Daftar Tanpa Minta Bayaran

Slogan ‘Kami Buzzer STY’ makin meluas di kalangan netizen Tanah Air seiring adanya tuduhan kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Tuduhan ini bermula pada tahun 2023 lalu, di mana salah satu pengamat sepak bola, Tommy Welly atau Bung Towel, menyebut Shin Tae-yong memiliki Buzzer.

Bung Towel menyebut pelatih Timnas Indonesia itu memiliki Buzzer karena setiap ia melayangkan kritik, ia pasti mendapat serangan balik di dunia maya.

“Saya rasa Shin Tae-yong tuh pasti sewa Buzzer. Menurut saya agak aneh aja, setiap saya mengkritiknya selalu saja ada serangan balik ke saya," ujar Bung Towel pada September 2023 lalu.

Baca Juga: FC Dallas Umumkan Maarten Paes Telat Gabung Timnas Indonesia, Absen Lawan Bahrain?

Usai mendapat tuduhan itu, Shin Tae-yong buka suara pada Agustus kemarin dalam wawancaranya bersama kanal YouTube KBS World Indonesia.

“Meski saya ingin pakai Buzzer, saya tidak bisa karena saya tidak bisa bahasa Indonesia,” jawab Shin Tae-yong dengan santai soal tuduhan sewa Buzzer, dikutip dari KBS World Indonesia.

Setelah tuduhan itu mereda, tuduhan Shin Tae-yong memiliki Buzzer kembali menyeruak ke permukaan, di tengah adanya gerakan anti-naturalisasi dari para tokoh maupun organisasi.

Hal ini membuat banyak netizen Tanah Air ikut kegerahan dan berbondong-bondong memberikan dukungan kepada pelatih asal Korea Selatan itu.

Terbaru, dukungan mengalir untuk Shin Tae-yong dari netizen Indonesia yang mengklaim diri mereka sebagai Buzzer STY.

Baca Juga: Perbandingan Harga Pasar Pemain Termahal Bahrain vs Mees Hilgers, Beda Jauh!

Klaim Jadi Buzzer dan Rela Tak Dibayar

Klaim netizen Indonesia menjadi ‘Buzzer STY’ banyak terlihat di media sosial Instagram. Hal ini jelas terlihat di akun pelatih Timnas Indonesia itu yakni @shintaeyong7777.

Di salah satu unggahannya, banyak netizen menyebut dirinya ‘Buzzer STY’ sebagai bentuk dukungan untuk Shin Tae-yong.

Tak hanya dengan komentar di akun Shin Tae-yong, netizen juga bangga menyebut dirinya sebagai ‘Buzzer STY’ juga terlihat di salah satu unggahan netizen yakni @divo.sashendraa di Instagram.

Lewat unggahannya, akun @divo.sashendraa mengajak netizen untuk untuk menjadi ‘Buzzer STY’ dan meminta agar beberapa pihak tak mengganggu Timnas Indonesia

“Kalo kami Buzzer STY, kalian para haters mau apa? Yang mau gabung jadi Buzzer STY, KOMEN DI BAWAH NDAN!,” bunyi unggahan akun @divo.sashendraa di Instagram.

Ajakan itu kemudian disambut positif oleh netizen Tanah Air yang berbondong-bondong mendaftar menjadi ‘Buzzer STY’ tanpa meminta bayaran.

“Tanpa bayaran dan tanpa paksaan pihak manapun, saya mendeklarasikan diri menjadi Buzzer Shin Tae Yong,” bunyi komentar akun @z****n.

“Uang bisa di cari tapi prestasi susah di cari, kami bersamamu STY,” bunyi komentar akun @x****k.

“Kami Buzzer STY, yang tidak dibayar dengan uang atau apapun Itu, kami hanya dibayar dengan prestasi dan permainan yang membanggakan,” bunyi komentar akun @b****d.

Terlepas dari banyaknya dukungan itu, Shin Tae-yong tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi dua laga penting di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Shin Tae-yong sendiri sudah memilih 27 pemain terbaik yang akan diandalkannya untuk menghadapi Bahrain (10/10) dan China (15/10).

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #kami #buzzer #makin #meluas #banyak #yang #daftar #tanpa #minta #bayaran

KOMENTAR