Welber Jardim Masih Bisa Pindah Tim Nasional? Pelatih Brasil Sempat Beri Komentar
Welber Jardim tak memperkuat tim Garuda Muda di pertandingan melawan Maladewa di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.[Instagram @lielyana]
15:48
29 September 2024

Welber Jardim Masih Bisa Pindah Tim Nasional? Pelatih Brasil Sempat Beri Komentar

Nama Welber Jardim tengah jadi perbincangan setelah dicoret Indra Sjafri dari skuad Timnas Indonesia U-20 menyusul polemik keberangkatan ke Tanah Air.

Indra Sjfari menjelaskan bahwa klub Welber Jardim, Sao Paulo U-17 sejatinya telah memberi lampu hijau agar sang pemain memperkuat Timnas Indonesia U-20.

Di sisi lain, PSSI disebut Indra Sjafri juga telah mengirim tiket penerbangan dari Brasil ke Indonesia kepada keluarga Welber Jardim.

Namun, hingga Minggu (22/9/2024) malam WIB, Welber Jardim tidak kunjung hadir sehingga diputuskan dicoret dari daftar 23 pemain Timnas Indonesia U-20 untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Baca Juga: Maarten Paes Bapuk Lagi di Liga Amerika Serikat, Shin Tae-yong Kembali Pakai Ernando Ari?

Di sisi lain, Manajer Timnas Indonesia U-20, Ahmed Zaki Iskandar menjelaskan bahwa Welber Jardim tidak hadir karena masalah izin keluarga. Ibunya yang meminta anaknya untuk tidak berangkat.

Situasi tersebut bikin nama Welber Jardim terus jadi sorotan. Peluang untuk membela Timnas Indonesia di masa mendatang pun menjadi tanda tanya.

Terlepas dari polemik tersebut, di atas kertas Welber Jardim sejatinya masih bisa pindah untuk membela tim nasional lain dalam hal ini Brasil. Berikut ulasannya.

Punya Kewarganegaraan Ganda

Welber Jardim Masuk Starting XI Sao Paulo U-17 vs Juventus Malam Ini [saopaulofc.net]Welber Jardim Masuk Starting XI Sao Paulo U-17 vs Juventus Malam Ini [saopaulofc.net]

Welber Jardim, yang lahir pada 25 April 2007 di Banjarmasin, adalah seorang pemain diaspora. Situasi itu membuatnya bisa membela Timnas Indonesia kelompok umur tanpa perlu naturalisasi.

Baca Juga: Tinggi Rizky Ridho Vs Mees Hilgers Tak Beda Jauh, Siapa Dipilih di Lini Belakang Timnas?

Merujuk laman resmi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Welber Jardim termasuk dalam definisi orang-orang dengan kewarganegaraan ganda terbatas mengingat usianya masih 17 tahun.

"Kewarganegaraan ganda terbatas dimaksudkan bahwa Pemerintah RI mengakui status kewarganegaraan ganda yang dimiliki seorang anak hingga berumur 18 tahun dan/atau belum menikah," demikian keterangan Kemenlu dikutip Suara.com pada Minggu (29/9/2024).

Mengacu pada keterangan dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, selain masih berusia di bawah 18 tahun, Welber juga berhak memperoleh kewarganegaraan ganda karena masuk kategori "Anak yang dilahirkan dari pasangan ayah WNA dengan ibu WNI."

Dalam kasus Welber Jardim, ia mewarisi darah Indonesia dari ibunya, Lielyana Halim, yang berasal dari Banjarmasin, sementara ayahnya, Elisangela de Jesus Jardim, adalah warga negara Brasil.

Merujuk pernyataan dan informasi tersebut, Welber Jardim jelas di atas kertas masih bisa membela Brasil. Pasalnya, saat ini dia punya status kewarganegaraan ganda.

Dapat Pujian Pelatih Timnas Brasil

Phelipe Leal sosok yang menjadi pelatih Brasil U-17 saat Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia, sempat memberikan pujian kepada Welber Jardim.

Saat itu, dia tidak merasa Welber Jardim sebagai pengkhianat karena memutuskan memilih Timnas Indonesia kendati memiliki darah Brasil dari ayahnya.

"Itu adalah kehormatan yang luar bisa buat kami, Brasil, karena ada satu pemain yang kelahiran Brasil tetapi punya darah Indonesia juga yang akan memperjuangkan kariernya. Dia akan bermain dengan seragam tim nasional Indonesia," kata Leal beberapa waktu lalu.

"Kita akan ucapkan selamat buat dia dan semoga dia sukses dengan Timnas Indonesia," tambahnya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #welber #jardim #masih #bisa #pindah #nasional #pelatih #brasil #sempat #beri #komentar

KOMENTAR