5 Pemain Keturunan Indonesia yang Dipanggil ke Skuad Belanda U-21, Masih Bisa Bela Garuda?
Pemain keturunan Indonesia asal Belanda, Neraysho Kasanwirjo. [Dok. Instagram/@neraysho]
08:42
24 September 2024

5 Pemain Keturunan Indonesia yang Dipanggil ke Skuad Belanda U-21, Masih Bisa Bela Garuda?

Nuansa Indonesia kental terasa dalam skuad Timnas Belanda U-21 yang dipanggil untuk jeda internasional bulan Oktober 2024.

Belanda U-21 bakal melakoni laga terakhir di Kualifikasi Piala Eropa U-21 melawan Swedia, 14 Oktober 2024, di Goffertstadion Nijmegen.

Jong Oranje sendiri sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Eropa U-21 2025 usai meraih 9 kemenangan di Grup C. Sehingga laga melawan Swedia tidak akan berpengaruh apa pun untuk mereka.

Setelah melawan Swedia, Belanda U-21 dijadwalkan menghadapi Meksiko dalam laga uji coba. Untuk menghadapi dua pertandingan itu, pelatih Michael Reiziger sudah memanggil 30 nama dalam daftar sementara.

Baca Juga: 3 Striker Timnas Indonesia Cetak Gol di Klub, Yeom Ki-hun Banjir Pujian

Menariknya, ada lima pemain keturunan Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut.

1. Dani van den Heuvel

Kiper keturunan Indonesia Tristan Danique van den Heuvel atau Dani van den Heuvel (Instagram Dani van den Heuvel)Kiper keturunan Indonesia Tristan Danique van den Heuvel atau Dani van den Heuvel (Instagram Dani van den Heuvel)

Nama pertama pemain keturunan Indoensia di skuad Belanda U-21 terbaru adalah kiper klub Belgia, Club Brugge. Ia baru saja pindah dari klub Inggris, Leeds United, pada 7 Agustus lalu.

Diketahui pemain berusia 21 tahun tersebut punya darah Indonesia dari salah satu orang tuanya.

2. Ryan Flamingo

Baca Juga: Thom Haye Bad Mood Pasca Almere City Dibantai Mees Hilgers Cs

Ryan Flamingo, bek tengah muda berdarah Indonesia, tampil gemilang bersama PSV Eindhoven.  (Instagram Ryan Flamingo)Ryan Flamingo, bek tengah muda berdarah Indonesia, tampil gemilang bersama PSV Eindhoven. (Instagram Ryan Flamingo)

Bek tengah milik PSV Eindhoven tersebut kembali dipanggil ke skuad Belanda U-21. Ia diketahui punya darah keturunan Jawa-Suriname dari pihak buyutnya.

3. Million Manhoef

Pemain sayap Stoke City, Million Manhoef juga masuk pantuan PSSI. (Instagram/@million.m__Pemain sayap Stoke City, Million Manhoef juga masuk pantuan PSSI. (Instagram/@million.m__

Winger milik klub asal Inggris, Stoke City, ini diketahui punya keturunan Indonesia dari garis ibu. Sejauh ini Manhoef sudah mencatatkan 14 caps buat Belanda U-21.

4. Neraysho Kasanwirjo

Michael Reiziger Punya Kepercayaan Besar kepada Pemain Keturunan Indonesia Neraysho Kasanwirjo (Instagram)Michael Reiziger Punya Kepercayaan Besar kepada Pemain Keturunan Indonesia Neraysho Kasanwirjo (Instagram)

Sosok dengan nama lengkap Neraysho Meritchio Kasanwirjo ini lahir di Amsterdam, Belanda, pada 18 Februari 2002. Diketahui ia memiliki darah Suriname dan Indonesia.

5. Ian Maatsen

Ian Maatsen, pemain keturunan yang sedang disorot usai diposting Oranje Indonesia. (Instagram/@maatsen_)Ian Maatsen, pemain keturunan yang sedang disorot usai diposting Oranje Indonesia. (Instagram/@maatsen_)

Pemain dengan nama lengkap Ian Ethan Maatsen ini lahir di Vlaardingen, Belanda, pada 10 Maret 2002. Kendati lahir dan besar di Belanda, ia punya darah campuran. Mengalir di tubuh Maatsen darah Indonesia-Suriname. Darah Indonesia didapatkannya dari sang ibu yang berasal dari Jawa.

Bek Aston Villa berusia 22 tahun itu sudah mencatatkan 19 penampilan buat Belanda U-21, namun belum juga mencatatkan penampilan buat timnas senior Belanda.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pemain #keturunan #indonesia #yang #dipanggil #skuad #belanda #masih #bisa #bela #garuda

KOMENTAR