Hasil Piala Asia 2023: Qatar Hajar China, Untungkan Timnas Indonesia
Penjaga gawang timnas Qatar #22 Meshaal Barsham melompat untuk meninju bola saat beknya #16 Boualem Khoukhi dan bek China #24 Jiang Shenglong bersaing selama pertandingan terakhir Grup A Piala Asia 2023 antara Qatar vs China di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 22 Januari 2024. Giuseppe CACACE / AFP
07:24
23 Januari 2024

Hasil Piala Asia 2023: Qatar Hajar China, Untungkan Timnas Indonesia

Hasil matchday terakhir Grup A Piala Asia 2023 memberi keuntungan bagi Timnas Indonesia setelah tuan rumah Qatar menghajar China dengan Tajikistan mengalahkan Lebanon pada Selasa (23/1/2024) dini hari WIB.

Juara bertahan Qatar, yang telah memastikan tempat di babak 16 besar pada laga kedua mereka minggu lalu, menutup babak penyisihan grup dengan sempurna.

Mereka mengalahkan China dengan skor tipis 1-0 di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan, Qatar.

Gol semata wayang mereka dicetak Hassan Al-Haydos yang membukukan gol spektakuler pada menit ke-66 pada laga ini.

Di laga lain, tim debutan Tajikistan memastikan langkah mereka ke babak 16 besar setelah membalikkan keadaan untuk mengalahkan Lebanon 2-1.

Meski tertinggal lebih dulu karena gol Bassel Jradi pada menit ke-47, Tajikistan memanfaatkan keunggulan jumlah pemain setelah Lebanon bermain dengan 10 orang akibat kartu merah.

Para pemain timnas Tajikistan melakukan selebrasi gol kedua timnya pada pertandingan terakhir Grup A Piala Asia 2023 antara Tajikistan vs Lebanon di Stadion Jassim bin Hamad di Doha pada 22 Januari 2024.HECTOR RETAMAL / AFP.Para pemain timnas Tajikistan melakukan selebrasi gol kedua timnya pada pertandingan terakhir Grup A Piala Asia 2023 antara Tajikistan vs Lebanon di Stadion Jassim bin Hamad di Doha pada 22 Januari 2024.HECTOR RETAMAL / AFP.

Parvizdzhon Umarbaev menyamakan kedudukan dengan tendangan bebasnya pada menit ke-80, dan pemain pengganti Nuriddin Khamrokulov menjadi pahlawan dengan gol tanduk pada menit ke-90+2.

Hasil matchday terakhir Grup A, terutama kemenangan Qatar atas China, membuat Timnas Indonesia diuntungkan.

Grup A dipastikan tak punya wakil yang bisa menggeser posisi sementara Timnas Indonesia dalam klasemen peringkat tiga terbaik.

Kekalahan dari Qatar bikin China finis di peringkat tiga Grup A, tetapi mereka cuma mengumpulkan dua poin yang dipastikan tak bisa menggeser posisi Indonesia yang untuk sementara menduduki urutan dua dalam klasemen peringkat tiga terbaik dengan koleksi tiga poin.

Secara matematis, China hampir tak berpeluang untuk lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik kendati kepastiannya masih harus menunggu laga-laga di grup lain.

Situasi itu membuat pesaing Timnas Indonesia dalam perebutan peringkat tiga terbaik berkurang, dan memperbesar peluang ke 16 besar tanpa peduli hasil kontra Jepang dalam matchday terakhir Grup D pada Rabu (24/12024) nanti.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #hasil #piala #asia #2023 #qatar #hajar #china #untungkan #timnas #indonesia

KOMENTAR