Jadwal Semifinal China Open 2024, Tiga Wakil Indonesia Jumpa Tuan Rumah dan Andalan Malaysia
Jonatan Christie akan bertarung di semiifnal China Open 2024. Jojo akan menghadapi wakil tuan rumah Weng Hong Yan. (Dok: PBSI)
08:42
21 September 2024

Jadwal Semifinal China Open 2024, Tiga Wakil Indonesia Jumpa Tuan Rumah dan Andalan Malaysia

– Jadwal semifinal China Open 2024 akan mempertandingkan tiga wakil Indonesia. Tuan rumah dan Malaysia menjadi lawan yang harus dihadapi pasukan Merah Putih untuk mendapatkan tiket final China Open 2024.

Jadwal semifinal China Open 2024 mempertandingkan total sepuluh partai di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, Tiongkok, Sabtu (21/9). Rangkaian fase empat besar turnamen BWF World Tour Super 1000 tersebut bakal dimulai sekitar pukul 10.00 waktu setempat atau 09.00 WIB.

Tiga wakil Indonesia yang berlaga di semifinal China Open 2024 adalah Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin, dan Jonatan Christie. Mereka harapan terakhir Merah Putih untuk mendapatkan gelar juara di kandang singa.

Tapi, dapat dipastikan perjuangan ketiga wakil Indonesia di semifinal China Open 2024 tidak akan mudah. Dejan/Gloria misalnya, mereka sudah ditunggu oleh pasangan tuan rumah Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping, yang juga unggulan kedua turnamen.

Bagi Dejan/Gloria yang lolos ke World Tour Super 1000 lagi setelah setahun lamanya, Feng/Huang jelas menjadi rintangan yang berat. Pasalnya, sang lawan saat ini menempati peringkat tiga dunia dalam ranking BWF.

Selain itu, Feng/Huang juga berstatus sebagai juara Asia pada April lalu. Dalam rekor pertemuan pun, DeGlo -akronim Dejan/Gloria- terbilang inferior alias susah menang.

Dari empat pertemuan yang sudah terjadi sejak tahun lalu, DeGlo hanya mampu menang sekali atas Feng/Huang. Satu-satunya kemenangan itu didapat di Kejuaraan Asia 2023. Sementara sisanya, selalu berujung kekalahan, termasuk terakhir di India Open 2024 awal tahun ini.

Berikutnya ada Fikri/Daniel, duet ganda putra racikan baru Indonesia. Pasangan yang baru dibentuk dan mulai bertarung bersama akhir Agustus lalu itu terus menunjukkan konsistensinya. Dalam empat turnamen, mereka hanya sekali gagal ke semifinal.

Contoh di Hongkong Open 2024 pekan lalu, di mana mereka terhenti pada babak perempat final. Fikri/Daniel ditaklukkan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae dari Korea Selatan.

Nah, di China Open 2024, Fikri/Daniel bakla berjuang untuk mendapatkan final pertamanya dengan melawan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin. Meski sang lawan unggulan ketujuh, tapi mereka pernah menang lawan duet asal Malaysia tersebut.

Kemenangan itu didapat Fikri/Daniel pekan lalu pada di babak 16 besar Hongkong Open 2024. Mereka mengalahkan Goh/Nur lewat pertarungan rubber 16-21, 21-19, 21-13.

Terakhir wakil Indonesia yang berjuang di semifinal China Open 2024 adalah Jonatan Christie. Pebulu tangkis tunggal putra yang akrab disapa Jojo itu akan berjumpa dengan wakil tuan rumah Weng Hong Yang.

Jika berkaca ranking, Jojo jelas lebih diunggulkan karena menempati urutan delapan dunia. Berbeda dengan Weng Hong Yang, yang berada di posisi ke-25. Tapi, untuk urusan rekor pertemuan, hasilnya sama kuat.

Duel Jonatan vs Weng Hong Yang sudah tersaji empat kali, dengan hasil 2-2. Tapi, seluruh pertemuan itu terjadi pada 2022 dan 2023, sementara pada tahun ini mereka belum pernah bentrok lagi. Artinya ini jadi pertemuan pertama Jonatan vs Weng Hong Yang pada 2024.

Jadwal semifinal China Open 2024, Sabtu (21/9)

MULAI PUKUL 09.00 WIB

  1. XD - Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia) vs Cheng Xing/Zhang Chi (Tiongkok)
  2. WS - Akane Yamaguchi (Jepang/4) vs Tomoka Miyazaki (Jepang)
  3. XD – DEJAN FERDINANSYAH/GLORIA EMANUELLE WIDJAJA vs FENG YAN ZHE/HUANG DONG PING (Tiongkok/2)
  4. WS - Wang Zhi Yi (Tiongkok/3) vs Aya Ohori (Jepang/7)
  5. WD - Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong (Korea Selatan/8) vs Li Yi Jing/Luo Xu Min (Tiongkok)

MULAI PUKUL 16.00 WIB

  1. WD - Li Wen Mei/Zhang Shu Xian (Tiongkok) vs Jia Yi Fan/Zheng Yu (Tiongkok/5)
  2. MD - MUHAMMAD SHOHIBUL FIKRI/DANIEL MARTHIN VS GOH SZE FEI/NUR IZZUDDIN RUMSANI (MALAYSIA/7)
  3. MS - WENG HONG YANG (Tiongkok) VS JONATAN CHRISTIE (7)
  4. MD - Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia) vs He Ji Ting/Ren Xiang Yu (Tiongkok/5)
  5. MS - Kunlavut Vitidsarn (Thailand/8) vs Kodai Naraoka (Jepang/6)

Editor: Edi Yulianto

Tag:  #jadwal #semifinal #china #open #2024 #tiga #wakil #indonesia #jumpa #tuan #rumah #andalan #malaysia

KOMENTAR