PON 2024 Bermasalah Lagi, Kali Ini Atap Venue Menembak Roboh dan Terendam Banjir
HANCUR: Kondisi saluran talang air lapangan tembak indoor 10 meter yang ambruk akibat hujan ekstrem (M Ifdhal/ANTARA)
18:46
17 September 2024

PON 2024 Bermasalah Lagi, Kali Ini Atap Venue Menembak Roboh dan Terendam Banjir

- Masalah venue kembali datang dari Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024. Terbaru, atap venue cabang olahraga menembak di lapangan tembak Rindam Iskandar Muda, Mata Ie, Aceh Besar, ambruk pada Selasa (17/9) siang.

Ambruknya atap venue menembak tersebut tertangkap kamera dan telah viral di media sosial. Dalam vidoe yang beredar terlihat langit-langit venue tersebut roboh saat hujan deras.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Saat kejadian, sebagian atlet disebut sudah selesai melakukan percobaan menembak.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan bahwa kejadian itu bukan atap ambruk, melainkan hanya bocor. Penyebabnya adalah hujan ekstrem yang melanda Aceh Besar sehingga atap venue disebut tidak sanggup menahan intensitas hujan yang deras.

"Baru saja saja ada kejadian hari ini menyedihkan sedikit ada roboh, bukan roboh ya atapnya bocor di venue menembak yang di mana dikarenakan hari ini terjadi cuaca ekstrim yang debit hujannya di atas 100 (debit curah hujan)," kata Dito ditemui di DPR RI, Selasa (17/9) sore.

Dito kemudian menjelaskan bahwa saat insiden itu terjadi, venue tidak digunakan untuk perlombaan ataupun tempat latihan. "Jadi itu adalah tempat atlet menunggu ran sekarang sudah langsung proses perbaikan oleh Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," terangnya.

Technical Delegate (TD) dari cabang olahraga menembak K.S Henry Indrayani Oka juga menegaskan area tersebut sudah tidak digunakan untuk pertandingan. Ia menyebut lokasi yang bocor tersebut sudah selesai digunakan untuk nomor pertandingan Air Rifle dan Air Pistol.

"Kedua nomor pertandingan sudah selesai dan terakhir digunakan pada 13 September 2024 lalu, sudah digunakan untuk 10 nomor pertandingan," kata Henry Oka.

"Selain tidak digunakan untuk pertandingan yang tersisa, area itu juga bukan area latihan, namun untuk pemanasan atlet,” tambahnya.

Akibat insiden itu, seluruh aktivitas di venue tersebut kini semuanya dihentikan. Para atlet dikembalikan ke tempat penginapannya masing-masing, mereka diistirahatkan di samping itu Panpel bersama PUPR yang membangun ini.

Cabor menembak PON 2024 sudah mempertandingkan 21 nomor medali dari total 40 medali. Artinya masih ada 19 nomor pertandingan lagi yang belum dimainkan. Yakni running target, skeet & trap, dan tembak reaksi.

Selain atap roboh, venue menembak PON 2024 itu juga tergenang banjir akibat hujan deras yang melanda. Kejadian ini pun menambah deretan masalah yang terjadi selama pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut pada tahun ini di Aceh maupun Sunatera Utara.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #2024 #bermasalah #lagi #kali #atap #venue #menembak #roboh #terendam #banjir

KOMENTAR