Breaking News! DPR Setujui Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders
Perbandingan nilai pasar Eliano Reijnders dan Mees Hilgers. (Kolase Instagram/@eliano.r dan @meeshilgers)
15:24
17 September 2024

Breaking News! DPR Setujui Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Komisi III DPR RI secara resmi menyetujui proses naturalisasi dua pemain keturunan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders untuk membela Timnas Indonesia, Selasa (17/9/2024).

Keputusan ini diambil dalam rapat kerja bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Kementerian Hukum dan HAM, serta perwakilan PSSI di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Rapat yang dipimpin oleh Pangeran Khairul Saleh tersebut memfokuskan pada verifikasi data Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Pangeran memastikan bahwa semua dokumen dan persyaratan naturalisasi kedua pemain tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Harga Pasar Rizky Ridho, Disebut Justin Hubner Seharusnya Berkarier di Eropa

Setelah semua pihak terkait memberikan klarifikasi, Komisi III memberikan lampu hijau untuk melanjutkan proses naturalisasi.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders (@blitznews_football)Mees Hilgers dan Eliano Reijnders (@blitznews_football)

Pangeran Khairul Saleh kemudian meminta konfirmasi dari seluruh anggota Komisi III terkait persetujuan ini.

"Kawan-kawan, kira-kira apakah setuju?" semua setuju," tanya Pangeran Khairul kepada anggota Komisi III di ruang rapat.

Pertanyaan itu kemudian dijawab "Kami juga setuju," oleh salah satu anggota.

Dengan disetujuinya naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, mereka akan segera menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Baca Juga: Sudah Mulai! Link Live Streaming Rapat Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders di DPR

Berkas naturalisasi Mees dan Eliano ini masih harus dibahas Komisi X DPR RI, kemudian rapat Paripurna DPR RI,  mendapat persetujuan Presiden RI lewat Surat Keputusan Presiden, sebelum menjalani sumpah WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham.

Setelah disahkan menjadi WNI, para pemain keturunan ini harus menjalani perubahan asosiasi di FIFA dari KNVB (Belanda) ke PSSI, sebelum memenuhi syarat membela Timnas Indonesia.

"Dengan telah disetujuinya kewarganegaraan untuk saudara Eliano Johannes Reijnders dan saudara Mees Victor Joseph Hilgers, seluruh rangkaian kegiatan hari ini telah selesai," ungkap Pangeran Khairul Saleh.

Keputusan ini menjadi bagian penting dari upaya PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia dengan menghadirkan pemain-pemain berkualitas yang memiliki darah keturunan Indonesia namun sebelumnya bermain di luar negeri.

Mees Hilgers merupakan bek berusia 23 tahun yang saat ini bermain untuk klub papan atas Eredivisie, FC Twente.

Sementara Eliano Reijnders adalah pemain PEC Zwolle yang juga berkompetisi di Eredivisie. Dia merupakan pemain serba bisa yang mampu tampil sebagai gelandang serang hingga bek sayap.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #breaking #news #setujui #naturalisasi #mees #hilgers #eliano #reijnders

KOMENTAR