Update Ranking FIFA: Peringkat Timnas Indonesia Meroket usai Imbangi Australia, Salip Malaysia
Pemain Timnas Indonesia menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum berhadapan dengan Timnas Australia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
22:54
10 September 2024

Update Ranking FIFA: Peringkat Timnas Indonesia Meroket usai Imbangi Australia, Salip Malaysia

Peringkat Timnas Indonesia di ranking FIFA mengalami kenaikan posisi setelah berhasil menahan imbang Australia pada pertandingan kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia kembali menambah perolehan poinnya setelah bermain imbang dengan skor 0-0 melawan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Selasa (10/9/2024) malam WIB.

Skuad asuhan Shin Tae-yong dipaksa bermain defensif sepanjang pertandingan oleh kubu lawan. Sebab, mereka tak henti-hentinya melancarkan serangan berbahaya untuk menjebol gawang Maarten Paes.

Beruntun, seluruh potensi ancaman yang dihadirkan lawan dapat diredam. Akhirnya, saat wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skuad Garuda bisa menjaga skor tetap imbang 0-0.

Baca Juga: Klasemen Sementara Grup C: Timnas Indonesia Masuk Zona Lolos Piala Dunia 2026

Dengan hasil ini, skuad Merah Putih mendapatkan poin yang cukup melimpah. Meskipun hanya bermain imbang, Timnas Indonesia berhak memperoleh tambahan poin untuk bersaing di ranking FIFA.

Perolehan poin yang didapatkan oleh Timnas Indonesia ini merujuk pada hitung-hitungan yang disajikan oleh laman football-ranking.com yang biasanya fokus dengan perolehan poin negara-negara dunia.

Skuad Merah Putih setidaknya memperoleh 8.57 poin dari hasil imbang ini. Perolehan angka skuad asuhan Shin Tae-yong pun menjadi 1124.18 poin, dan berpotensi naik dua strip dari posisi ke-133 menuju 130 dunia.

Tingginya perolehan poin yang didapatkan Timnas Indonesia tak terlepas dari perbedaan peringkat kedua tim yang sangat mencolok. Meski sama-sama berada di Asia, keduanya memang kontras.

Timnas Indonesia yang menempati peringkat ke-133 sangat jauh jika dibandingkan Australia yang saat ini berada di peringkat ke-24 FIFA. Status itulah yang membawa skuad Garuda bisa mendulang banyak poin.

Baca Juga: Tampil Ciamik Lawan Australia, Presiden Jokowi Ucapkan Kata Ini ke Maarten Paes

Hasil imbang ini tentu layak diapresiasi. Sebab, jika merujuk pada hasil pertemuan terakhir kedua kubu pada babak 16 besar Piala Asia 2023, skuad Garuda saat itu digasak empat gol tanpa balas. 

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #update #ranking #fifa #peringkat #timnas #indonesia #meroket #usai #imbangi #australia #salip #malaysia

KOMENTAR