Arab Saudi Jadi 'Korban', 3 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Bikin Australia Ketar-ketir
Selebrasi Jay Idzes setelah menjebol gawang Vietnam pada 26 Maret 2024 (pssi.org)
10:48
9 September 2024

Arab Saudi Jadi 'Korban', 3 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Bikin Australia Ketar-ketir

Berikut tiga pemain Timnas Indonesia yang bisa bikin Australia ketar-ketir jelang duel kedua tim di Matchday ke-2 grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia akan melanjutkan kiprahnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/9).

Jelang duel tersebut, pasukan Shin Tae-yong berada dalam kepercayaan diri tinggi. Selain karena berstatus tuan rumah, skuad Garuda juga baru saja meraih hasil positif.

Hasil positif itu didapat setelah Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi di laga perdana grup C, Jumat (6/9) lalu.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Mees Hilgers, Calon Tembok Kokoh Timnas Indonesia yang Punya Darah Manado

Di samping itu, kepercayaan diri Timnas Indonesia tumbuh karena Australia baru saja ditaklukkan secara mengejutkan oleh Bahrain.

Meski begitu, Australia datang dengan modal cukup apik seperti materi pemain yang di atas rata-rata hingga catatan apik kala melawan Indonesia.

Para pemain Australia merayakan kemenangan atas Peru dalam pertandingan play-off inter-konfederasi Piala Dunia 2022 pada 13 Juni 2022, di Stadion Ahmed bin Ali di kota Ar-Rayyan, Qatar. Australia mengalahkan Peru dalam adu penalti untuk mengamankan tiket lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.KARIM JAAFAR / AFPPara pemain Australia merayakan kemenangan atas Peru dalam pertandingan play-off inter-konfederasi Piala Dunia 2022 pada 13 Juni 2022, di Stadion Ahmed bin Ali di kota Ar-Rayyan, Qatar. Australia mengalahkan Peru dalam adu penalti untuk mengamankan tiket lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.KARIM JAAFAR / AFP

Terakhir kali kedua tim bertemu, Australia mampu menggasak Indonesia dengan skor telah 4-0 di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Selain itu, Australia juga membawa pemain-pemain yang mayoritas berkarier di liga-liga top Eropa seperti Jackson Irvine, Nestory Irankunda, hingga Aiden O’Neill.

Di atas kertas, pemain-pemai Australia bisa saja membuat para pemain Indonesia bergidik ngeri saat berhadapan di atas rumput hijau.

Baca Juga: Mees Hilgers: Tujuan Saya Loloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026

Tapi, Timnas Indonesia juga punya pemain-pemain yang bisa membuat para penggawa Australia ketar-ketir. Kira-kira, siapa saja pemain itu?

1. Ragnar Oratmangoen

Gol timnas Indonesia sah milik Ragnar Oratmangoen, bukan Sandy Walsh. (Instagram/@timnasindonesia)Gol timnas Indonesia sah milik Ragnar Oratmangoen, bukan Sandy Walsh. (Instagram/@timnasindonesia)

Terlepas dari golnya melawan Arab Saudi, Ragnar Oratmangoen bisa menjadi momok menakutkan bagi pertahanan Australia kelak.

Pemain milik FCV Dender itu dikenal sebagai penyerang yang andal dalam dribel dan juga punya insting mencetak gol yang apik.

Kemampuan ini bisa membuat Australia kocar-kacir jika Indonesia menerapkan permainan Low-Block dan mengandalkan Counter Attack seperti halnya yang dilakukan Bahrain.

2. Witan Sulaeman

Cuplikan selebrasi Ragnar Oratmangoen dan Witan Sulaeman usai mencetak gol ke gawang Arab Saudi.(X/@TimnasIndonesia)Cuplikan selebrasi Ragnar Oratmangoen dan Witan Sulaeman usai mencetak gol ke gawang Arab Saudi.(X/@TimnasIndonesia)

Witan Sulaeman memang bukan pemain terlihat menonjol di Timnas Indonesia. Tapi permainannya yang efektif membuatnya bisa senjata mematikan bagi skuad Garuda.

Pemain milik Persija Jakarta itu dikenal punya kemampuan bermain yang efektif dan andal sebagai creator serangan maupun membuka ruang

Pergerakannya yang sulit ditebak itu beberapa kali terlihat di laga kontra Arab Saudi.

Bahkan ia beberapa kali terlihat kerap melepaskan umpan-umpan kunci yang bisa menjadi peluang bagi Timnas Indonesia.

3. Jay Idzes

Timnas Indonesia saat melawan Arab Saudi dengan diperkuat Jay Idzes sebagai kapten tim (Instagram Jay Idzes)Timnas Indonesia saat melawan Arab Saudi dengan diperkuat Jay Idzes sebagai kapten tim (Instagram Jay Idzes)

Pada babak 16 besar Piala Asia 2023 lalu, lini belakang Timnas Indonesia terekspos dengan mudah, sehingga bisa dibobol sebanyak empat kali oleh Australia.

Tapi di pertemuan nanti, Australia akan menghadapi tembok baru di pertahanan Indonesia pada diri Jay Idzes yang terkenal lugas, andal dalam duel, serta andal dalam membaca permainan.

Kemampuan Jay Idzes dalam duel, terutama di duel udara, bisa membuat Australia frustrasi saat memainkan umpan silang atau saat menghadapi situasi bola mati kala menyerang dan bertahan.

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #arab #saudi #jadi #korban #pemain #timnas #indonesia #yang #bisa #bikin #australia #ketar #ketir

KOMENTAR