Jelang Muktamar di Bali, Dewan Syuro PKB Silaturahmi ke Para Kiai
Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melakukan safari ke sejumlah kiai berpengaruh di tanah air 
17:29
19 Agustus 2024

Jelang Muktamar di Bali, Dewan Syuro PKB Silaturahmi ke Para Kiai

- Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melakukan safari ke sejumlah kiai berpengaruh di tanah air.

Hal itu dilakukan menjelang pelaksanaan Muktamar ke-6 PKB.

"Semua berharap Muktamar berjalan lancar dan bisa menghasilkan platform perjuangan PKB sesuai arahan para Sesepuh dan Kiai-Kiai NU. PKB dari NU untuk Indonesia," tegas Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB, KH Maman Imanulhaq, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin (19/8/2024).

Kunjungan silaturahmi ke beberapa kiai berpengaruh ini tak bisa lepas dari gonjang-ganjing hubungan antara PKB dengan pucuk pimpinan PBNU yang belakangan memanas.

Rombongan Dewan Syuro yang dipimpin Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB KH Saifullah Maksum, KH Maman Imanulhaq, KH Syihabuddin Ahmad, Gus Baidhowi, KH Mahasin dan KH Ahid mulanya menyambangi KH Zamzami Mahrus di Ponpes Lirboyo Kediri.

Kiai Zamzami Mahrus berharap konflik PBNU dan PKB segera selesai.

Usai bertandang di Kediri, para kiai struktural PKB itu kemudian menyambangi Kiai Asep Saifuddin Chalim di Surabaya.

Selesai bersilaturahmi dengan Kiai Asep, rombongan kemudian menyambangi Kiai Cholil Asad di Situbondo.

Pada pertemuan yang digelar di Pesantren Wali Songo Situbondo itu Kiai Cholil berpesan, PKB sebaiknya tak perlu meladeni manuver politik yang kini tengah dilakukan pucuk pimpinan PBNU

Kiai Cholil As'ad justru meminta PKB fokus terhadap kerja-kerja politik yang dapat memberikan dampak terhadap kemaslahatan umat utamanya warga nahdliyin.

Kiai Maman yang hadir dalam pertemuan tersebut pun mengamini pesan Kiai Asad.

Anggota DPR RI Komisi VIII itu memastikan PKB solid dan tidak goyah dengan rongrongan pihak-pihak eksternal, apalagi menjelang Muktamar yang bakal digelar tanggal 24-25 Agustus mendatang di Bali.

PKB, kata Kiai Maman, kini justru menunjukkan prestasi dengan peningkatan elektoral serta kursi di parlemen baik pusat maupun daerah.

Hal itu menunjukkan kesuksesan Gus Muhaimin Iskandar dalam memimpin partai sebesar PKB.

Dewan Syuro DPP PKB kemudian menyambangi Ponpes Sabiilul Rosyad pimpinan KH Marzuki Mustamar. Di sana mereka disambut dengan agenda Halaqoh Kebangsaan bersama ulama dan tokoh masyarakat se-Jawa Timur.

Kunjungan terakhir rombongan Dewan Syuro DPP PKB ini yakni ke kediaman KH Musthofa Bisri atau Gus Mus di Rembang.

Kepada Pendiri PKB ini, para Kiai ini menyampaikan dan memohon doa akan kelancaran gelaran Muktamar ke-6 PKB.

Mereka pula menyampaikan soliditas kepengurusan PKB dari tingkat pusat sampai daerah serta sejumlah prestasi partai pasca pemilu 2024 lalu di bawah kepemimpinan Gus Muhaimin Iskandar.

Selain silaturahmi ke Para Kiai di atas, Anggota Dewan Syuro Andy Muawiyah Ramli, Taufik Abdullah dan Kiai Otong Abdurrohman menyertai Ketua Umum PKB Gus Muhaimin bertandang ke sesepuh NU, KH Syukron Makmun dan KH Ma'ruf Amin yang juga Wakil Presiden RI.

Beberapa daerah pun menggelar silaturahmi Para Kiai seperti di Malang, Semarang, Majalengka dan lainnya.

Sebelum agenda silaturahmi tersebut ada pertemuan terbatas Dewan Syuro dengan para Tokoh PKB seperti Alwy Sihab, Dr AS Hikam, KH Arifin Junaidi, KH Mun'im DZ, Masduki Baidhowi dan banyak tokoh lainnya.(*)

Editor: Wahyu Aji

Tag:  #jelang #muktamar #bali #dewan #syuro #silaturahmi #para #kiai

KOMENTAR