Profil Angga Raka Prabowo, Loyalis Prabowo Subianto yang Dilantik Jokowi Jadi Wakil Menteri Kominfo
Angga Raka Prabowo bersalaman dengan Presiden Jokowi usai dilantik jadi Wakil Menteri Kominfo. [Dok.Antara]
12:08
19 Agustus 2024

Profil Angga Raka Prabowo, Loyalis Prabowo Subianto yang Dilantik Jokowi Jadi Wakil Menteri Kominfo

Politisi Partai Gerindra, Angga Raka Prabowo, resmi dilantik menjadi Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) RI pada Senin (19/8/2024). Kehadiran Raka diharapkan mempercepat penyelesaian berbagai isu krusial, seperti pemberantasan judi online dan perbaikan tata kelola data nasional.

Dengan dilantiknya Angga Raka Prabowo, Wamenkominfo RI pun kini jadi dua orang, yakni Nezar Patria yang sudah setahun menjabat Wakil Menteri Kominfo.

Pelantikan Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Kominfo ini didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 52M Tahun 2024 tentang Pengangkatan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Dalam prosesi pelantikan yang dipandu langsung oleh Presiden Jokowi, Angga Raka Prabowo bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani, serta Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas, mengucapkan sumpah jabatan di hadapan kepala negara.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," katanya.

Lantas, siapa Angga Raka Prabowo?

Angga Raka Prabowo merupakan salah satu loyalis utama Prabowo Subianto, Presiden terpilih sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra. Sejak bergabung dengan Gerindra pada 2008, Angga Raka Prabowo setia mendampingi Prabowo, meski harus melalui berbagai rintangan, termasuk kekalahan pada Pilpres 2014 dan 2019.

Prabowo menunjuk Angga Raka Prabowo sebagai sekretaris pribadinya pada 2014 hingga 2017. Di internal Gerindra, Angga memegang posisi penting sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) dan Ketua Badan Komunikasi.

Pada Pilpres 2019, nama Angga Raka Prabowo sempat mencuat karena disebut sebagai pemilik koran berbahasa Inggris "Independent Observer", yang dianggap menjadi alat propaganda Prabowo kala itu.

Tahun 2021, Angga Raka Prabowo kembali menjadi sorotan publik ketika Prabowo mengenalkannya sebagai Komisaris PT Teknologi Militer Indonesia (TMI). Saat itu, PT TMI tengah disorot karena menggarap proyek pengadaan Alat Pertahanan dan Keamanan Kementerian Pertahanan dengan nilai mencapai Rp 1.760 triliun hingga 2024.

Peran Angga Raka Prabowo di Partai Gerindra dan PT TMI menunjukkan betapa kuatnya posisi Angga dalam lingkaran strategis Prabowo. Loyalitasnya selama lebih dari satu dekade menjadikannya sosok penting yang dipercaya menangani proyek-proyek besar, termasuk yang melibatkan Kementerian Pertahanan.

Editor: Riki Chandra

Tag:  #profil #angga #raka #prabowo #loyalis #prabowo #subianto #yang #dilantik #jokowi #jadi #wakil #menteri #kominfo

KOMENTAR