Petugas Damkar Berjibaku Selama 16 Jam, Kebakaran di Manggarai Baru Dipadamkan Malam Ini
Petugas Damkar Berjibaku Selama 16 Jam, Kebakaran di Manggarai Baru Dipadamkan Malam Ini [Suara.com/Alfian Winanto]
21:20
13 Agustus 2024

Petugas Damkar Berjibaku Selama 16 Jam, Kebakaran di Manggarai Baru Dipadamkan Malam Ini

Petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta akhirnya merampungkan proses pemadaman kebakaran di RW 06 dan RW 12 Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan yang terjadi pada Selasa (13/8/2024) dini hari. Kondisi di lokasi sudah dinyatakan aman pada pukul 18.40 WIB.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI, Satriadi Gunawan mengatakan, pihaknya menerima laporan adanya kebakaran sejak pukul 02.30 WIB. Kemudian, petugas mulai operasi pemadaman 14 menit kemudian. 

Artinya, proses pemadaman si jago merah berlangsung selama sekitar 16 jam.

"Status kebakaran saat ini pemadaman selesai atau hijau. Waktu selesai operasi pukul 18.40 WIB," ujar Satriadi kepada wartawan.

Baca Juga: 2 RW Diamuk Si Jago Merah, Heru Budi Kerahkan Tim Gabungan Urus Korban Kebakaran Manggarai, Beri Pesan Begini!

Sejumlah warga melihat sisa rumahnya yang terbakar di kawasan Manggarai, Jakarta, Selasa (13/8/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Sejumlah warga melihat sisa rumahnya yang terbakar di kawasan Manggarai, Jakarta, Selasa (13/8/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Proses pendinginan menjadi yang paling lama karena sudah dilakukan sejak pukul 06.57 WIB. Hingga sore, petugas masih melakukan penyemprotan terhadap titik-titik yang mengeluarkan asap.

Untuk menangani peristiwa ini, Dinas Gulkarmat menerjunkan 36 unit mobil pemadam kebakaran dari Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. 

"Jumlah petugas yang dikerahkan 126 personel," tuturnya. 

Diduga Berawal Baterai HP Meledak

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Syamsul Huda mengatakan, api berasal dari salah satu rumah warga RT02/RW06 berinisial S. 

Baca Juga: 3 Ribu Jiwa Mengungsi Imbas Kebakaran di Manggarai, Warga Lainnya Luka-luka, Sesak hingga Pingsan

Kondisi pemukiman warga yang terbakar di kawasan Manggarai, Jakarta, Selasa (13/8/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Kondisi pemukiman warga yang terbakar di kawasan Manggarai, Jakarta, Selasa (13/8/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Awalnya, S sedang melakukan pengisian daya baterai alias cas ponsel miliknya. Mendadak, ponsel tersebut meledak dan mengeluarkan api sekitar pukul 02.00 WIB. 

"Ledakannya menyambar ke tempat tidur. Ibu S berusaha memadamkan secara mandiri. Namun, api sangat cepat membesar," ujar Syamsul kepada wartawan, Selasa (13/8/2024). 

Warga yang melihat api mulai terbakar mencoba membantu melakukan pemadaman. Bahkan, pintu rumah S sempat didobrak karena masih dalam keadaan terkunci. 

Namun nahas, api terlanjur menyambar bangunan lain dengan cepat. Ratusan rumah akhirnya hangus dilalap si jago merah.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #petugas #damkar #berjibaku #selama #kebakaran #manggarai #baru #dipadamkan #malam

KOMENTAR