Secara De Facto Airlangga Masih Ketua Umum Partai Golkar
Airlangga Hartarto akhirnya buka suara mengenai kabar pengunduran dirinya dari kursi ketua umum Partai Golkar. Airlangga mengumumkan kabar pengunduran diri tersebut lewat video tapping yang disebar kepada awak media pada Minggu (11/8/2024). 
22:15
11 Agustus 2024

Secara De Facto Airlangga Masih Ketua Umum Partai Golkar

- Wakil Ketua Umum DPP Partai GolkarAdies Kadir mengatakan, pihaknya masih menunggu laporan resmi  pengunduran diri Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar.

Karena kata dia, pengunduran diri tersebut harus disampaikan dalam rapat pleno sesuai dengan AD/ART partai.

"Jadi secara yuridis kita masih menunggu keputusan DPP Partai Golkar melalui rapat pleno untuk terkait dengan surat pengunduran Pak Airlangga tersebut," kata Adies di DPP Golkar, Minggu, (11/8/2024).

Rapat pleno tersebut kata Adies akan digelar dalam satu atau dua hari kedepan.

Tujuannya agar roda organisasi Golkar tetap berjalan setelah mundurnya ketua umum.

Apalagi partai sekarang ini akan menghadapi Pilkada serentak yang akan digelar pada November mendatang.

"Karena ini kan memang situasi pilkada dan lain sebagainya," katanya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua DPP Golkar Meutya Hafid mengatakan bahwa Airlangga Hartarto secara de facto masih menjabat sebagai Ketua Umum Golkar meskipun telah menyampaikan surat pengunduran diri.

Pasalnya pengunduran diri harus disampaikan dalam rapat pleno.

"Saat ini secara de facto Pak airlangga masih Ketua Umum meskipun secara de jure memang sudah ada surat untuk pengunduran diri beliau," kata Meutya.

Airlangga Hartarto resmi mengundurkan diri dari Ketua Umum Golkar per 10 Agusutus 2024.

Dalam video resmi pengunduran diri yang diterima Tribunnews, Airlangga menyinggung soal Partai Golkar.

"Partai Golkar sejauh ini telah menjadi kebanggaan kita semua serta menjadi kekuatan terdepan demokrasi Indonesia. Selama 60 tahun kita telah membuktikan semua itu," kata Airlangga, Minggu (11/8/2024).

Airlangga mengatakan dalam Pileg 2024 lalu, Partai Golkar telah berhasil meraih 102 kursi di DPR RI.

Partai Golkar juga meraih ratusan bahkan ribuan kursi di DPRD tingkat 1 dan 2.

"Dengan keringat bersama, serta dengan tekad bersama, Partai Golkar berhasil melakukan transformasi menjadikan dirinya sebagai kebanggaan seluruh kader kita," katanya.

Selain itu Partai Golkar juga telah berhasil membawa pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming menjadi Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pilpres 2024 untuk melanjutkan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Mereka akan melanjutkan kepemimpinan negara untuk semakin mempercepat lagi langkah kita dalam memajukan seluruh bangsa Indonesia," pungkasnya.

Sebelumnya Airlangga resmi mengundurkan diri dari Golkar. Airlangga menyampaikan pengunduran diri tersebut dalam rekaman video.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim serta atas petunjuk Tuhan Yang Maha Besar maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai ketua umum DPP partai Golkar. Pengunduran diri ini terhitung sejak semalam yaitu Sabtu 10 Agustus 2024," kata Airlangga.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #secara #facto #airlangga #masih #ketua #umum #partai #golkar

KOMENTAR