Soal Video Surat Suara Tercoblos di Taiwan, Bawaslu: Akan Ditelusuri, Laporkan Saja
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja(KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN)
19:02
19 Januari 2024

Soal Video Surat Suara Tercoblos di Taiwan, Bawaslu: Akan Ditelusuri, Laporkan Saja

- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI meragukan kebenaran video viral surat suara telah tercoblos di luar negeri, tetapi akan tetap menelusuri kasus tersebut.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengaku bahwa dia baru mengetahui video tersebut.

“Belum ada laporan, coba kita telusuri, ini orang-orangnya kan, nanti bisa kelihatan kok. Kita akan telusuri,” kata Bagja kepada wartawan, Jumat (19/1/2024).

"Pas dia buka itu sudah (tercoblos)? Kan enggak klir. Mereka laporkan saja kalo sudah tercoblos,” ujarnya lagi.

Bagja mengatakan, lembaganya perlu menelusuri karena video itu tidak menampilkan amplop surat suara tersebut masih dalam keadaan tersegel.

"Kita terima surat suara, kita coblos sendiri, kemudian kita bilang ini sudah tercoblos, bisa juga kan, atau sebaliknya memang benar,” katanya.

"Masih ada amplopnya? Proses dari amplop membuka itu terekam tidak?" ujar Bagja melanjutkan.

Dalam video viral di media sosial itu, disebutkan bahwa peristiwa surat suara yang diklaim telah tercoblos itu terjadi di Taiwan.

Surat suara itu dikirim via pos. Lalu, dalam satu amplop, terdapat sepasang surat suara, yaitu surat suara pemilihan presiden (pilpres) dan surat suara pileg daerah pemilihan (dapil) Jakarta II yang meliputi Jakarta Selatan, Pusat, dan luar negeri.

Orang dalam video itu menunjukkan adanya lubang di kolom surat suara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Kemudian, perlihatkan juga lubang coblosan di kolom surat suara PDI-P pada baris calon anggota legislatif (caleg) Once Mekel.

Editor: Vitorio Mantalean

Tag:  #soal #video #surat #suara #tercoblos #taiwan #bawaslu #akan #ditelusuri #laporkan #saja

KOMENTAR