Silsilah Keluarga Jusuf Hamka, Juragan Jalan Tol Ramai Dipasangkan dengan Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024
Jusuf Hamka [instagram/@jusufhamka]
10:04
4 Agustus 2024

Silsilah Keluarga Jusuf Hamka, Juragan Jalan Tol Ramai Dipasangkan dengan Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024

Disebut-sebut akan menemani Anies Baswedan dalam Pilkada Jakarta bulan November 2024 kelak, silsilah keluarga Jusuf Hamka menuai perhatian.

Selama ini, Jusuf Hamka dikenal sebagai konglomerat pembangun jalan tol. Selain itu, Jusuf Hamka juga merupakan anggota partai pohon beringin alias Golkar. Namun, siapa saja sosok yang berada di belakang Jusuf Hamka? Simak silsilah keluarganya berikut.

Silsilah Keluarga Jusuf Hamka

Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta Jusuf Hamka atau Babah Alun (tengah) saat blusukan di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (1/8/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta Jusuf Hamka atau Babah Alun (tengah) saat blusukan di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (1/8/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Lahir dari akar Tionghoa yang kuat, Jusuf Hamka terlahir dari keluarga berlatar  belakang pendidikan. Ayah dari Jusuf Hamka, Joseph Hamka merupakan seorang dosen di Universitas 17 Agustus 1945 di Jakarta. Sementara itu, ibunya yang bernama Suhaimi atau Siaw Po Swan adalah seorang guru.

Baca Juga: Kekayaan Jusuf Hamka, Bos Jalan Tol Sebut Tak Masalah Duet dengan Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2024

Jusuf Hamka sendiri merupakan anak keempat dari tujuh bersaudara. Bisa dibilang, ia sudah mulai menjadi seorang pebisnis sejak kecil.

Pria dengan sapaan akrab Babah Alun ini diketahui pernah berjualan keliling di daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat setiap kali pulang sekolah. 

Bagi Anda yang belum tahu, Jusuf Hamka akhirnya memeluk Agama Islam di usia 23 tahun ketika bertemu dengan Buya Hamka yang kemudian menjadi ayah angkatnya.

Orang tuanya kala itu pun tidak melarang keinginan Buya Hamka untuk pindah agama selama ia berjanji akan menjadi muslim yang baik.

Nama Jusuf Hamka dikenal sebagai bos jalan tol. Bersama dengan perusahaannya yang bernama PT Citra Marga Nusaphala Persada, Jusuf Hamka sudah membangun ribuan kilometer jalan di Indonesia.

Baca Juga: Anies Baswedan Buka Peluang Duet dengan Jusuf Hamka di Pilkada DKI

Tak hanya itu, Jusuf juga diketahui merupakan komisaris utama PT Mandiri Permai, Komisaris Independen PT Indomobil Sukses Internasional Tbk, Komisaris PT Citra Margatama Surabaya, dan komisaris PT Mtra Kaltim Resource Indonesia.

Dengan segudang bisnisnya, Jusuf Hamka juga telah membangun Masjid Babah Alun di daerah Jakarta Utara, mendirikan Warung Nasi Kuning untuk Duafa, hingga menyumbaagkan 10 hektar tanah miliknya untuk lokasi pemakaman jenazah pasien Covid-19.

Ikut Arahan Partai

Ketika ditanya dengan kesempatannnya menjadi wakil dari Anies Baswedan, Jusuf Hamka pun menjawab bahwa ia akan mengikuti arahan partai.

“Pokoknya terserah partai. Saaya ikut bae. Saya kunci inggris. Mau lima inci, dua inci? bisa,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Anies Baswedan sudah merespon soal kemunculan nama Jusuf Hamka dalam daftar koalisinya.

“Pak Jusuf hamka atau babah Alun itu adalah teman lama,” ujar Anies saat menghadiri Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Perindo beberapa waktu lalu.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #silsilah #keluarga #jusuf #hamka #juragan #jalan #ramai #dipasangkan #dengan #anies #pilkada #jakarta #2024

KOMENTAR