Hari Ini Langsung Nginap Bareng Iriana, Jokowi Mulai Ngantor di IKN Senin Besok
Presiden Jokowi dan Iriana. [Ist]
13:48
28 Juli 2024

Hari Ini Langsung Nginap Bareng Iriana, Jokowi Mulai Ngantor di IKN Senin Besok

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN). Rencananya, kepala negara bakal mulai berkantor pada Senin (29/7/2024) besok. Meski baru berkantor besok, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana jadwalkan bermalam di kantor presiden pada hari ini.

"Hari ini bapak presiden dan ibu negara akan bermalam di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara. Besok Beliau (Jokowi) akan berkantor di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana kepada wartawan, Minggu (28/7/2024).

Rencananya, kepala negara akan berkantor di IKN selama 3 hari.

"Rencana 3 hari," kata Yusuf.

Baca Juga: Kunker ke IKN di Hari Libur, Jokowi Ngecek Kantor Presiden dan Istana Negara

Diberitakan sebelumnya, Jokowi bakal berkunjung ke IKN, Kalimantan Timur, pada Minggu (28/7/2024). Kepala negara dijadwalkan melakukan sejumlah kegiatan di IKN.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana saat menaiki Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh. (Foto: Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden). Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana saat menaiki Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh. (Foto: Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden).

Yusuf menyampaikan salah satu kegiatan Jokowi di IKN adalah meninjau kantor presiden dan Istana Negara.

"Bapak presiden akan melakukan kunjungan kerja ke IKN, antara lain beliau akan melakukan peresmian jembatan Pulau Balang Bentang Panjang, peninjauan jalan tol IKN, peninjauan kantor presiden dan Istana Negara," kata Yusuf.

Selain melakukan peresmian sejumlah infrastruktur dan meninjau Istana Negara, kunjungan kerja Jokowi di IKN sekaligus untuk mengecek kesiapan tempat upacara 17 Agustus mendatang. 

"Serta melakukan peninjauan lainnya, termasuk pengecekan kesiapan tempat Upacara HUT RI dan sarana serta prasarana pendukung lainnya," kata Yusuf.

Baca Juga: Diminta Tak Ngotot Terbitkan Keppres IKN, Legislator PAN Sentil Moeldoko: Jangan Desak Presiden!

Dalam kunjungan ke IKN hari ini, Jokowi bakal didampingi Basuki Hadimuljono selaku Menteri PUPR dan Kepala Otorita IKN dan sejumlah pejabat lain.

Bolak-balik ke IKN

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan agenda Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kembali akan mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) pada akhir Juli ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres pembangunan jalan di sekitara IKN, Sabtu (23/9/2023). (Foto: Ist)Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres pembangunan jalan di sekitara IKN, Sabtu (23/9/2023). (Foto: Ist)

Kegiatan kepala negara di IKN itu diungkap Heru saat menanggapi pertanyaan mengenai rencana Jokowi berkantor di IKN. Seperti diketahui rencana presiden berkantor di IKN ditargetkan Juli.

Heru menyampaikan kunjungan Jokowi di IKN dalam rangka meresmikan jalan tol sekaligus melakukan peninjauan pada 28 Juli. Ia berujar pihaknya bersama Kementerian PUPR tengah menyiapkak segala kebutuhan.

"Rencana tanggal 28 beliau akan meresmikan tol dan meninjau. Kami bersama PUPR dan Sekretariat Presiden mempersiapkan segala kebutuhan untuk bapak presiden berkantor di IKN," kata Heru di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Sementara itu ditanya kepastian kapan presiden berkantor di IKN, Heru sebatas menyampaikan perihal kegiatan Jokowi di IKN pada akhir bulan ini.

"Ya beliau kan rencana tanggal 28 ke IKN," kata Heru.

Bukan cuma melakukan kunjungan, Jokowi diagendakan bermalam di IKN.

"Ya 1-2 hari. Saya lagi persiapkan ini rapat dengan teman-teman Setpres dan PUPR juga mmepersiapkan," kata Heru.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #hari #langsung #nginap #bareng #iriana #jokowi #mulai #ngantor #senin #besok

KOMENTAR