KSAD Serukan Jajarannya Ubah Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak saat melakukan peninjauan ketahanan pangan Kostrad sekaligus pembukaan Rapat Kerja Teknis Bidang Teritorial (Rakernister) TNI AD Tahun 2024 di Desa Mekarjaya, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (18/1/2024). 
10:31
19 Januari 2024

KSAD Serukan Jajarannya Ubah Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif

- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyerukan kepada jajarannya untuk mengubah lahan tidur menjadi lahan produktif sebagaimana lahan tidur yang sukses digarap TNI AD sebagai pilot project Ketahanan Pangan (Han Pangan) di wilayah Sukabumi.

Seruan tersebut disampaikan Marulis saat melakukan peninjauan ketahanan pangan Kostrad sekaligus pembukaan Rapat Kerja Teknis Bidang Teritorial (Rakernister) TNI AD Tahun 2024 di Desa Mekarjaya, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (18/1/2024).

Dalam acara bertema "Aparat Teritorial Bersama Rakyat Siap Mewujudkan Indonesia Yang Hebat, Maju, dan Sejahtera" tersebut, Maruli mengatakan akibat pengaruh cuaca panas (El Nino) yang melanda tanah air, kondisi pangan di Indonesia menjadi kurang baik.

Menurutnya tak sedikit petani juga terancam gagal panen.

Untuk itu, kata dia, TNI AD menyiasatinya dengan proaktif mengubah lahan tidur menjadi lahan produktif, sebagaimana halnya di Ciemas, Sukabumi.

"Hari ini kita melibatkan instansi terkait untuk mengevaluasi Pilot Project ketahanan pangan yang telah berjalan selama 1,5 tahun. Sebetulnya untuk Han Pangan ini kita sudah punya 5 titik antara lain di Pangandaran, Garut, Ciamis, Tasik, dan beberapa lokasi di Sukabumi," kata dia dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AD pada Kamis (18/1/2024).

Ia mengatakan lahan produktif penghasil pangan tersebut digarap atas dukungan dari semua pihak, termasuk elemen masyarakat.

Maruli menilai pengelolaan lahan seluas 700 hektar di Ciemas sudah berjalan dengan baik.

"Kita sudah coba kelola lahan ini dengan masyarakat dan berjalan cukup baik. Saya kira ini juga sangat berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat. Mudah-mudahan ke depan ketika konsep ini berjalan dengan baik, kita akan bagikan hasil pengelolaan lahan ini ke mereka (masyarakat)," kata dia.

Pada kesempatan tersebut, Maruli juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat berupa sembako, sarana olahraga untuk remaja, dan santunan kepada anak yatim.

Ia juga menerima bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) berupa teknologi dam parit, embung, traktor, ternak, serta bibit ikan.

Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri mengapresiasi program ketahanan pangan di Ciemas tersebut.

Ia mengucapkan terima kasih atas kepedulian KSAD dan jajaran TNI AD pada kesejahteraan masyarakat, khususnya warga Sukabumi.

Editor: Malvyandie Haryadi

Tag:  #ksad #serukan #jajarannya #ubah #lahan #tidur #jadi #lahan #produktif

KOMENTAR