CEK FAKTA: Gibran Mundur dari Walikota Solo demi Kaesang
Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka saat mengajak Raffi Ahmad blusukan ke permukiman warga Jakarta. (Suara.com/Fakhr)
06:36
18 Juli 2024

CEK FAKTA: Gibran Mundur dari Walikota Solo demi Kaesang

Beredar video di YouTube dengan judul "Gibran Mundur Sebagai Walikota Solo Demi Kaesang?". Diunggah oleh akun Kopi Politik, video tersebut menyatakan bahwa Gibran Rakabuming Raka telah mundur dari jabatannya sebagai Walikota Solo untuk memberikan jalan bagi adiknya, Kaesang Pangarep.

"RESMI !! GIBRAN MUNDUR DARI WALIKOTA SOLO DEMI KAESANG," judul yang tertera dalam video.

Video tersebut mengklaim bahwa Gibran Rakabuming Raka telah mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Walikota Solo demi memberikan kesempatan kepada Kaesang Pangarep untuk maju sebagai calon Walikota Solo.

Narasi dalam video mengaitkan keputusan ini dengan aspirasi politik di Jawa Tengah menjelang pemilihan umum.

Baca Juga: Gibran Beres-beres Ruang Wali Kota, Penampakan Meja Kerja Disentil Rakyat: Kantor atau Kamar?

"GIBRAN RESMI MUNDUR" MUNAFIK!! DEMI KAESANG WARGA SOLO DITINGGALKAN," narasi dalam video tersebut.

Untuk memeriksa kebenaran klaim dalam video tersebut, tim CEK FAKTA Suara.com telah melakukan penelusuran mendalam.

Hasilnya, bahwa benar jika Gibran telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Wali Kota Solo. Namun alasan Gibran mundur bukan demi Kaesang melainkan karena untuk persiapan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih pada 20 Oktober 2024

"Hari ini kami mengantarkan surat pengunduran diri kepada Bapak Ketua DPRD Kota Surakarta, selanjutnya agar diproses sesuai mekanisme yang ada," katanya usai menyerahkan surat pengunduran diri di Kantor DPRD Kota Surakarta, Jawa Tengah, mengutip Antara, Selasa.

Selain untuk persiapan pelantikan 20 Oktober nanti, tentu banyak hal yang harus disiapkan oleh Gibran.

Baca Juga: Kaesang Masih Pilah-pilah Bakal Maju di Pilkada Mana? PSI: Akan Ada Kejutan di Agustus

"Saya mohon doa agar semua dilancarkan," katanya.

Disinggung mengenai kegiatannya sebelum pindah ke Jakarta, Gibran mengaku akan membereskan rumah dinas Loji Gandrung dan ruangan kantornya di Kompleks Balai Kota Surakarta.

"Kan yang menempati nanti pak wakil wali kota. Intinya surat pengunduran diri sudah saya serahkan, akan ditindaklanjuti Ketua DPRD, lalu ke provinsi, lalu ke Kemendagri," kata Putra Presiden Joko Widodo itu.

Setelah melakukan penelusuran, kami tidak menemukan bukti atau pernyataan resmi yang mendukung klaim bahwa Gibran Rakabuming Raka telah mundur sebagai Walikota Solo demi Kaesang Pangarep. Tidak ada informasi yang dapat memverifikasi klaim tersebut dari sumber-sumber terpercaya atau pihak terkait.

Maka dapat disimpulkan bahwa klaim dalam video "Gibran Mundur Sebagai Walikota Solo Demi Kaesang?" tidak dapat dipastikan kebenarannya alias hoaks.

Editor: Bella

Tag:  #fakta #gibran #mundur #dari #walikota #solo #demi #kaesang

KOMENTAR