Partai KIM 'Perang Saudara' di Pilkada, Projo: Yang Penting Sejalan Pemerintahan Prabowo-Gibran
Bendahara Projo Panel Barus. [Suara.com/Fakhri Fuadi]
20:56
12 Juli 2024

Partai KIM 'Perang Saudara' di Pilkada, Projo: Yang Penting Sejalan Pemerintahan Prabowo-Gibran

Kelompok Relawan Pro Jokowi (Projo) tak mempersoalkan pertarungan sesama partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam ajang kontestasi politik lokal, Pilkada. Sebaliknya, Projo justru menilai perseteruan sesama partai KIM merupakan hal yang positif.

Bendahara Umum Projo, Panel Barus mengatakan, persaingan KIM di Pilkada menunjukkan partai pendukung Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 itu memiliki kandidat-kandidat berkualitas.

Panel mencontohkan, salah satunya terjadi dalam persaingan menuju Pilkada Banten 2024.

Golkar diketahui bakal mengusung eks Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. Sementara, Partai Gerindra berniat mengusung calon Andra Soni dan Achmad Dimyati Natakusumah.

Baca Juga: Golkar Siapkan Jusuf Hamka untuk Kaesang di Pilgub DKI, Demokrat Pilih Istikamah dengan KIM

"Kami melihatnya ya ini berarti over supply dari KIM, berarti kader-kader KIM banyak yang berkualitas untuk maju," ujar Panel di kantor DPP Projo, Jumat (12/7/2024).

Ia pun tak mempersoalkannya, asalkan partai yang tergabung dalam KIM tetap keluar sebagai pemenang.

"Nggak ada salahnya juga, mau Golkar yang menang, mau Gerindra yang menang, mau PAN, PSI, Demokrat yang menang nggak ada masalah, yang penting KIM yang menang," ungkapnya.

Terlebih lagi, yang paling penting menurutnya, kepala daerah terpilih tetap sejalan dengan Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Dengan KIM yang menang, kami punya garansi pemerintah daerah ini akan senapas dengan pemerintah terpilih pusat. Gitu aja. Jadi itu tidak negatif," katanya.

Baca Juga: Berpeluang Didukung KIM, Tokoh Ini Diprediksi jadi Pendamping Kaesang di Pilkada Jateng

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep meyatakan bakal berbeda 'jago' dengan Partai Golkar dalam Pilkda di wilayah Banten. Kaesang menyatakan bakal melawan Partai Golkar dalam Pilgub Banten lewat pantun.

"Izin pak, saya punya satu pantun. Jalan-jalan ke Palmerah/jangan lupa beli jinten/Memang Golkar dan PSI ini berkolaborasi di beberapa daerah/Tapi mohon izin pak, kami akan berseberangan di Banten," kata Kaesang di DPP Partai Golkar, Slipi Jakarta Barat, Kamis (11/7/2024).

PSI bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah mendukung pasangan Andra Soni-Achmad Dimyati Natakusumah dalam Pilgub Banten 2024. Sementara Partai Golkar menjagokan Mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmy Diany.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #partai #perang #saudara #pilkada #projo #yang #penting #sejalan #pemerintahan #prabowo #gibran

KOMENTAR