Respons Pernyataan Jokowi, Prabowo Tak Ingin Ada Kebocoran: BPK Harus Lebih Ketat Mengawasi
Menhan Prabowo Subianto. (Suara.com/Novian)
13:56
8 Juli 2024

Respons Pernyataan Jokowi, Prabowo Tak Ingin Ada Kebocoran: BPK Harus Lebih Ketat Mengawasi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi yakin presiden terpilih Prabowo Subianto bakal memberikan perhatian serius terhadap rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), pada pemerintahan mendatang.

Menanggapi ini, Prabowo memberikan respons. Prabowo mengatakan kehadiran BPK sangat penting.

"Insyaallah pasti. Ya BPK itu yang penting, BPK andalan kita," kata Prabowo di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (8/7/2024).

Prabowo memastikan BPK akan lebih ketat dalam mengawasi keuangan pada pemerintahan mendatang. Prabowo tidak ingin ada kebocoran keuangan.

Baca Juga: Laporan Keuangan Pemerintah Raih WTP, Jokowi: Bukan Prestasi, Harus Dijaga Uang Rakyat

"Ke depan BPK harus lebih ketat mengawasi, kita tidak menginginkan ada kebocoran, kita tidak menginginkan uang rakyat tidak dapat dipertanggungjawabkan," kata Prabowo.

"Tiap rupiah harus kita amankeun, kita yakinkeun berguna untuk bangsa dan rakyat. Oke," sambung Prabowo.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengharapkan dukungan semua komponen bangsa untuk mendukung peralihan pemerintahan dari dirinya kepada presiden terpilih Prabowo Subianto.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam sambutannya pada acara penyampaian laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah pusat tahun 2023 dan ikhtisar hasil pemeriksaan semester II tahun 2023 dengan tema Menguatkan Fondasi Negara, Menuju Indonesia Emas 2045.

Mulanya, kepala negara menyampaikan saat ini sedang berada pada era transisi pemerintahan.

Baca Juga: Jokowi: Alhamdulillah, Ekonomi dan Politik di Indonesia Sangat Stabil

"Pada bulan Oktober 2024 nanti, saya akan digantikan oleh presiden terpilih Prabowo Subianto," kata Jokowi di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2024).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2024). (Suara.com/Novian)Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2024). (Suara.com/Novian)

Jokowi kemudian menyampaikan harapan dirinya agar Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan seluruh komponen bangsa mendukung masa peralihan tersebut.

"Saya mengharapkan dukungan BPK dan seluruh komponen bangsa untuk mendukung peralihan pemerintahan ini agar berjalan dengan baik. Menjaga keberlanjutan untuk membawa kemajuan negara kita Indonesia," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengharapkan dukungan BPK untuk melanjutkan perbaikan ekosistem pemerintahan, membangun pemerintahan yang akuntabel, sekaligus fleksibilitas, dan selalu berorientasi pada hasil.

"Pemerintahan saat ini dan saya yakin pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto ke depan akan selalu memberikan perhatian serius pada setiap rekomendasi BPK," kata Jokowi.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #respons #pernyataan #jokowi #prabowo #ingin #kebocoran #harus #lebih #ketat #mengawasi

KOMENTAR