Ungkit Kutipan Bung Karno 'Lebih Sulit Lawan Bangsa Sendiri', Ganjar: Rasa-rasanya Seperti Hari Ini
Ungkit Kutipan Bung Karno 'Lebih Sulit Lawan Bangsa Sendiri', Ganjar: Rasa-rasanya Seperti Hari Ini. (Suara.com/Bagaskara)
18:36
30 Juni 2024

Ungkit Kutipan Bung Karno 'Lebih Sulit Lawan Bangsa Sendiri', Ganjar: Rasa-rasanya Seperti Hari Ini

Mantan Calon presiden di Pilpres 2024 sekaligus kader PDIP, Ganjar Pranowo ikut berpartisipasi dalam acara Soekarno Run yang digelar di Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (30/6/2024). 

Setelah berpartisipasi dalam acara itu, Ganjar mengangggap Soekarno Run tidak hanya sekedar ajang lari semata tapi bagaimana belajar soal perjuangan. 

"Tidak hanya sekedar olahraga tapi orang dingatkan bagaimana cara Bung Karno lari. Lari dari sebuah proses politik perjuangan terhadap bangsa dan serba tidak enak, dia penjara, dia dibuang dan Soekarno tidak pernah berhenti," kata Ganjar. 

Ganjar kemudian bicara pentingnya anak-anak muda juga memetik pelajaran perjuangan yang dilakukan oleh Bung Karno. 

Baca Juga: Momen Langka! Ganjar Adu Balap Lari dengan Hasto PDIP di GBK, Pemenangnya Siapa?

"Oh sama Soekarno tidak pernah membicarakan kepentingan pribadi tidak pernah membicarakan kepentingan keluarga. Dia berbicara terhadap nasib bangsa dan negaranya maka anak-anak muda memang kalau kita mau belajar dari Soekarno apinya ini yang diwarisi jangan abunya," katanya. 

Eks Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan, jika apa yang disampaikan Bung Karno juga terjadi hari ini. Bagaimana dingatkan jika perjuangan yang berat adalah melawan bangsa sendiri. 

"Apa apinya? api perjuangan yang tidak pernah menyerah tidak pernah takut. Kalau dulu melawan Belanda Soekarno bilang, 'Nanti kamu akan melawan bangsa mu sendiri', rasa-rasanya hari ini terjadi itu," ujarnya. 

"Makanya mari kita luruskan sesuatu yang bengkok dan tentu saja membawa semangat yang dikobarkan oleh Soekarno ya," sambungnya.

Selain Ganjar,  Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, para menteri dari PDIP hingga sejumlah anggota DPR dan caleg terpilih dari partai yang berlambang Banteng moncong putih tersebut ikutan lomba lari dalam peringatan Bulan Bung Karno tahun ini.  

Baca Juga: Ungkit Pilpres, PDIP Tak Gentar Jokowi Cawe-cawe Lagi di Pilkada Jakarta: Kami Siap Hadapi Semua Risiko!

Meski agak telat saat start, Ganjar tetap ikut berlari hingga berhasil menyentuh garis finish.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #ungkit #kutipan #bung #karno #lebih #sulit #lawan #bangsa #sendiri #ganjar #rasa #rasanya #seperti #hari

KOMENTAR