Helldy Agustian Diundang ke Jepang untuk Bahas Pengelolaan Sampah
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian berbincang dengan perwakilan dari Nishihara Shoji Holding Co.Ltd, Jepang , Rabu (26/6/2024). [Istimewa/Pemkot Cilegon]
23:24
26 Juni 2024

Helldy Agustian Diundang ke Jepang untuk Bahas Pengelolaan Sampah

Untuk kedua kalinya perwakilan dari Nishihara Shoji Holding Co.Ltd. dan perwakilan dari Kota Kitakyushu, Jepang menyambangi kantor Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian membahas tindak lanjut kerja sama terkait pengelolaan sampah.

Kunjungan diterima langsung oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian di ruang rapatnya, Rabu (26/6/2024). Politisi Partai Gerindra juga menyambut baik kedatangan rombongan tersebut karena ini bentuk keseriusan kedua belah pihak untuk melakukan kerja sama terkait pengelolaan sampah.

"Tadi juga kami telah diundang langsung oleh kementerian lingkungan hidup di Jepang untuk melihat langsung pengelolaan sampah di Jepang," ungkap Helldy, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Selasa, 26 Juni 2024.

Helldy berharap kerja sama antara perusahaan Jepang dengan Pemkot Cilegon lebih ditingkatkan lagi lagi. Selain soal persampahan, menurutnya kerja sama di bidang ketenagakerjaan juga penting bagi Kota Cilegon.

Baca Juga: Terima Surat Tugas dari DPP Demokrat, Awab Diminta Cari Wakil dan Partai Koalisi

"Kita punya bonus demografi berupa anak-anak muda usia produktif yang cukup banyak. Sedangkan di Jepang masyarakatnya semakin sedikit karena enggannya orang Jepang memiliki keturunan. Kesempatan ini sudah banyak diambil oleh Jawa Tengah dan Jawa Barat, maka kali ini Kota Cilegon juga siap untuk mengisi kekosongan pekerja di Jepang," sambungnya.

Sementara itu, Section Chief Kitakyushu City Asia Carbonneutral Center, Hironori Tazawa mengaku siap mengundang Wali Kota Cilegon Helldy Agustian ke Jepang.

Menurutnya, sepak terjang mantan sales Toyota itu banyak menginspirasi, terutama dalam mengolah sampah menjadi bahan pendamping batu bara pada pembangkit listrik.

"Kami memang memiliki rencana untuk mengundang Wali Kota Cilegon untuk datang ke Jepang pada Januari 2025 nanti karena kami melihat sepak terjang Pak Helldy dalam pengelolaan sampah ini luar biasa," ujarnya.

Nantinya yang akan hadir di Jepang, bukan hanya Wali Kota Cilegon, tapi juga Wali Kota terbaik dalam bidang pengelolaan sampah lainnya dari seluruh dunia.

Baca Juga: 'Cilegon' Jadi Nama Jalan di Gwangyang Korea Selatan, Publik Berebut Tebak Alasan di Baliknya

"Pihak yang akan mengundang ini adalah Kementerian Lingkungan Hidup Jepang," lanjutnya.

Direktur Nishihara Shoji Holding Co. Ltd. Shiho Narita, menjabarkan bentuk kerja sama yang akan dilakukan pihaknya dengan Pemkot Cilegon antara lain mengenai pengelolaan sampah agar lebih dimaksimalkan hasilnya sesuai dengan yang ditargetkan.

"Intinya kami menyesuaikan dengan target yang ada, namun akan kita maksimalkan hasilnya, dalam kaitan ini Bahan Bakar Jumputan Padat (BPJP)," pungkasnya.

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #helldy #agustian #diundang #jepang #untuk #bahas #pengelolaan #sampah

KOMENTAR