Ir Basuki Tjahaja Purnama MM
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Instagram @basukibtp)
22:00
11 Juni 2024

Ir Basuki Tjahaja Purnama MM

Ir Basuki Tjahaja Purnama, MM atau yang akrab disapa Ahok dikenal sebagai politikus PDI Perjuangan. Sejumlah jabatan publik pernah diembannya.

Dia pernah menjabat sebagai Bupati Belitung Timur periode 2005-2006 hingga Gubernur DKI Jakarta 2014-2017.

Namun tahukah, jauh sebelum terjun di dunia politik, Ahok merupakan seorang pebisnis sukses. Berikut ini profil Ahok lengkap dirangkum dari sejumlah sumber.

Profil Ahok

Baca Juga: Fit and Proper Test Cagub Sumut, PKB Pilih Edy Rahmayadi atau Bobby Mantu Jokowi?

Ahok merupakan putra daerah Belitung. Lahir di Manggar, Belitung Timur, Bangka Belitung pada 29 Juni 1966, Ahok merupakan putra pertama pasangan Indra Tjahaja Purnama dan Buniarti Ningsih.

Dia memiliki empat adik, yakni Basuri Tjahaja Purnama, Fifi Lety Indra, Harry Basuki, dan Basu Panca Fransetio.

Masa kecil Ahok dihabiskan di Gantung, Belitung Timur. Dia menempuh pendidikan sekolah dasar di SDN 3 dan SMP 1 Gantung. Kemudian hijrah ke Jakarta untuk melanjutkan sekolah di SMA III PSKD.

Selesai pendidikan SMA, Ahok kemudian melanjutkan ke Universitas Trisakti Jakarta dengan mengambil jurusan Teknik Geologi. Gelar magisternya diraih di Prasetiya Mulya Jakarta jurusan Manajemen Keuangan.

Kehidupan Pribadi

Baca Juga: Pastikan Tak Ada Nama Kaesang Di Penjaringan Cagub, PDIP DKI: Cacat Demokrasi Jangan Diulangi

Ahok melepas masa lajangnya pada 1997 dengan Veronica Tan. Dari pernikahan tersebut dikaruniai tiga orang anak, yakni Nathania Purnama, Nicholas Purnama, Daud Albeenner Purnama.

Pada Tahun 2018, Ahok dan Veronica Tan bercerai. Tak selang beberapa lama, tepatnya pada 2019 dia memutuskan untuk menikah dengan uput Nastiti Devi. Dari pernikahan itu keduanya dianugerahi anak, yakni bernama Yosafat Abimanyu dan Sarah Eliana Purnama.

Karier Awal

Karier awal Ahok justru bukan di politik, melainkan di dunia bisnis. Dia pernah mendirikan CV Panda yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan PT Timah pada 1989.

Sebelum dia bergabung dengan perusahaan di bidang kelistrikan, yakni PT Simaxindo Primadaya dengan menjabat sebagai staf direksi bidang analisa biaya dan keuangan.

Ahok juga pernah mendirikan PT Nurindra Ekapersada yang merupakan awal perjalanan dari Gravel Pack Sand (GPS) pada 1992.

Setelah malang melintang di sejumlah perusahaan, Ahok kemudian memutuskan untuk kembali ke Bangka Belitung dengan mendirikan bisnis baru di sektor pasir kuarsa.

Karier Politik

Usai pulang ke Bangka Belitung, Ahok kemudian memutuskan untuk terjun di dunia politik. Bukan PDIP sebagai partai politik pertamanya. Ahok bergabung Partai Indonesia Baru (PIB) pada 2004 dan ditunjuk sebagai ketua DPC PIB Kabupaten Belitung.

Pada tahun tersebut Ahok sukses masuk parlamen dengan menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung. Selang setahun kemudian, maju mencalonkan diri di Pilkada Kabupaten Belitung Timur.

Menggandeng Khairul Effendi, Ahok terpilih menjadi Bupati Belitung Timur. Namun dia tidak menyelesaikan jabatannya. Pada 2007 Ahok memutuskan untuk maju di Pilkada Bangka Belitung.

Sayang pada pertarungan tersebut dia dikalahkan Eko Maulana Ali dari Golkar.

Pada Pemilu 2009, Ahok masuk Partai Golkar dengan mencalonkan sebagai anggota Komisi II DPR. Dia berhasil terpilih dengan meraih 119.232 suara.

Tahun 2012, Ahok memutuskan untuk maju di Pilgub DKI Jakarta bersama Joko Widodo (Jokowi). Kali ini dia bergabung dengan Partai Gerindra.

Ahok pun terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Dua tahun setelah itu, dia naik menjadi Gubernur DKI Jakarta menggantikan Jokowi yang berkontelasi di PIlpres 2014.

Dia kemudian mencalonkan diri di Pilgub DKI Jakarta pada 2017. Tapi pasangan itu kalah tipis dari rivalnya yakni Anies Baswedan dan Sandi.

Kontroversi

Pada Pilgub DKI Jakarta 2017, Ahok tersandung kasus penistaan agama yang mengantarkan masuk penjara. Dua tahun di tahanan dia dilepaskan.

Setelah keluar dari penjara, Ahok kemudian menjabat sebagai komisaris utama Pertamina.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #basuki #tjahaja #purnama

KOMENTAR