Elektabilitas Helldy Agustian Ditempel Ketat Tiga Penantang, Dede Rohana Paling Impresif
Kolase foto bakal calon Wali Kota Cilegon Isro Mi'raj, Dede Rohana Putra, Robinsar. [Istimewa]
18:12
11 Juni 2024

Elektabilitas Helldy Agustian Ditempel Ketat Tiga Penantang, Dede Rohana Paling Impresif

Elektabilitas bakal calon Wali Kota Cilegon incumbent, Helldy Agustian ditempel ketat oleh para tiga penantangnya yakni, Dede Rohana Putra, Isro Mi'raj, dan Robinsar.

Seperti diketahui Helldy Agustian merupakan bakal calon Wali Kota Cilegon yang hingga kini masih menjabat sebagai Wali Kota Cilegon. Sementara, Dede Rohana Putra merupakan bakal calon dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Sedangkan, Isro Mi'raj dan Robinsar merupakan bakal calon Wali Kota Cilegon dari Partai Golkar. Elektabilitas ketiga calon tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Voxpol Center Research and Consulting yang dilakukan pada 21-30 Mei 2024 terbilang tidak begitu terpaut jauh.

Dalam survei tersebut, jarak elektabilitas calon wali kota incumbent dan tiga penantangnya tidak begitu terpaut jauh yakni hanya sekira 10 persen.

Baca Juga: Pengamat Politik: Helldy Agustian Berpotensi Gandeng Isro Mi'raj atau Nurrotul Uyun

Dalam survei Voxpol Center tersebut, Helldy Agustian menempati urutan teratas yakni sebesar 24,3 persen. Kemudian diikuti dengan Dede Rohana sebesar 14,5 persen.

Selanjutnya, ada Ketua DPRD Cilegon Isro Mi'raj yang berada di angka 14,1 persen, lalu Robinsar yakni sebesar 13 persen. Diikuti Sanuji Pentamarta 1,8 persen, Ratu Ati Marliati 0,7 persen, Alawi Mahmud 0,5 persen. Disusul Hawasi, Muhibudin dan Fadli Kristiandi yang angka elektabilitasnya sama-sama 0,2 persen.

Menanggapi perlolehan survei tersebut, bakal calon Wali Kota Cilegon dari Partai Golkar, Robinsar mengaku bersyukur atas hasil survei elektabilitas yang dirilis Voxpol Center.

Ia menilai, upayanya bersosialisasi selama kurang lebih sebulan terakhir membuahkan hasil yang positif terbukti dengan surveinya yang tak terpaut jauh dari calon lainnya.

"Saya dikatakan pemula, baru terjun ke dunia politik tapi sudah mencapai elektabilitas 13 persen itu suatu kebanggaan dan menjadi motivasi karena memang survei dengan yang diatasnya pun tidak terlalu jauh," kata Robinsar.

Baca Juga: Seruan 'Isro Mi'raj Wali Kota Cilegon' Menggema di Bukit Sondol

"Saya yakin dengan langkah-langkah politis dan strategi politik yang saya jalankan Insyaallah menjelang pencoblosan di bulan November saya dan tim yakin bisa unggul dari semua calon lainnya," kata Robinsar, Selasa (11/6/2024).

Robinsar juga menyinggung soal Partai Golkar yang juga melakukan survei internal yang bakal digelar pada Juni 2024. Dengan adanya survei Voxpol Center itu, ia pun optimis bisa memenangkan perhelatan Pilkada Cilegon 2024.

"Kami tetap berharap dengan strategi politik yang kita jalankan bertemu dengan masyarakat, bertemu langsung memperkenalkan diri, menyampaikan visi misi, saya yakin bisa unggul juga ke depan," ungkap caleg DPRD Cilegon terpilih dengan perolehan suara terbanyak itu..

Robinsar optimis lantarab baru mulai sebulan sudah menunjukan hasil positif dan masih ada sekitar enam bulan ke depan hingga Pilkada Cilegon dilangsungkan.

"Kalau sebulan segitu, saya yakin dengan enam bulan, saya bisa unggul bisa memenangkan kontestasi Pilkada tahun ini," ujarnya.

Sementara itu, Bakal calon Wali Kota Cilegon dari Partai Golkar, Isro Mi'raj mengaku termotivasi dengan adanya hasil survei tersebut. Dengan adanya hasil survei tersebut, Isro optimis bisa mendapatkan SK dari DPP NasDem maupun Golkar.

"Alhamdulillah kalau memang angkanya segitu maka ini semakin menjadi motivasi saya untuk terus bergaul dan turun dengan rakyat," ungkapnya.

"Ya kalau objektif dan saya optimis. Saya enggak manuver di atas, saya ditugaskannya untuk bergaul dengan rakyat untuk melobi koalisi yang lain," tutur Politisi Partai Golkar ini.

Isro mengklaim dirinya hanya melaksanakan sebaik-baiknya tugas dari DPP dengan bergaul dengan rakyat, berkomunikasi dengan partai-partai lain. Karenanya, hasil survei tersebut semakin menambah energi dan semangatnya untuk terus melakukan sosialisasi.

"Sosialisasi yang selama ini saya lakukan tidak pernah menjelekkan calon lain semuanya punya tujuan yang bagus untuk membangun Kota Cilegon dan warga Cilegon semua mempunyai hak untuk dipilih dan memilih," paparnya.

Untuk meningkatkan dan mengejar elektabilitas petahana, Isro mengaku akan lebih tancap gas dengan terus turun ke masyarakat Kota Cilegon.

"Harus tambah ngegas, yang tadinya sehari 4 titik ya harus 5 titik bahkan sampai malam 6 titik. Saya ngambilnya karena masih dinas paling Sabtu Minggu, kalau enggak malam saya juga punya norma, punya etika," tandasnya.

Sementara itu, Dede Rohana mengaku menghormati hasil survei yang dilakukan Partai NasDem melalui lembaga Voxpol Center dan bakal menjadikannya salah satu informasi dalam pencalonannya..

"Kita menghormati hasil survei yang dilakukan lembaga survei melalui Partai NasDem dan itu menjadi informasi tambahan buat kita sebagai bakal calon. Dengan itu kita harus terus meningkatkan kerja-kerja politik, " katanya.

Pria yang kerap disapa Crazy Rich Cilegon itu bahkan mengaku terus berupaya agar surveinya mengungguli incumbent dan calon dari partai lainnya.

"Konsolidasi kita untuk mempertebal jaringan yang sudah ada supaya populeritas dan elektabilitas bisa mengungguli petahana. Atau teratas atau tertinggi dari semua bakal calon, InsyaAllah mulai bulan Juni sampai terus mendapatkan SK kita akan tingkatkan gerak-gerak politik kita, kegiatan-kegiatan kita di masyarakat," pungkasnya.

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #elektabilitas #helldy #agustian #ditempel #ketat #tiga #penantang #dede #rohana #paling #impresif

KOMENTAR