Letnan Satu Caj (Purn) Dr Drs Sunjaya Purwadi Sastra MM MSi
Rumah Dinas Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi. (dok Pemkab)
20:08
9 Juni 2024

Letnan Satu Caj (Purn) Dr Drs Sunjaya Purwadi Sastra MM MSi

Letnan Satu Caj (Purn) Dr Drs Sunjaya Purwadi Sastra MM MSi merupakan mantan Bupati Cirebon. Dia menjabat sejak 2014 hingga dicopot pada 2019 karena tersangkut kasus hukum.

Sunjaya Purwadi Sastra mengawali kariernya dari dunia militer, sebelum akhirnya memutuskan untuk terjun ke politik pada 2012.

Dia memilih bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan mencalonkan diri di Pilkada Cirebon. Keputusan yang terbilang tepat, Sunjaya terpilih bersama wakilnya Soemadi.

Berikut ini profil Sunjaya Purwadi Sastra lengkap dirangkum dari sejumlah sumber.

Baca Juga: Ingatkan Mendidik Anak dengan Keteladanan, PDIP Kritik Gibran Bagi-bagi Buku Bergambar Jan Ethes

Profil Sunjaya Purwadi Sastra

Sunjaya lahir di Cirebon, Jawa Barat pada 1 September 1965. Masa kecil hingga remajanya dihabiskan di tanah kelahirannya.

Dia sekolah di SD Negeri Beberan. Setelah lulus, Sunjaya melanjutkan pendidikan ke SMP Negeri Palimanan, sebelum melanjutkan ke MAN Babakan Ciwaringin. Selesai pendidikan di MAN Babakan, ayah empat anak tersebut melanjutkan pendidikannya ke Jakarta, dengan mengambil pendidikan sarjana di STIA Yappan.

Pada 1998, dia memilih untuk masuk ke dunia militer. Meski sudah menjadi tentara, tidak menghentikan Sunjaya untuk terus bersekolah. Dia tercatat pernah menempuh pendidikan magister di STIE Jakarta dengan mengambil jurusan manajemen dan Universitas Indonesia jurusan Sains.

Sunjaya juga pernah menempuh pendidikan doktoral Ilmu Pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sumedang.

Baca Juga: Ingat Ajaran Megawati Politik Tidak Boleh Dendam, Sekjen PDIP: Biarlah Nanti Kena Karmanya

Kehidupan Pribadi

Sunjaya menikah dengan Wahyu Tjiptaningsih atau yang akrab disapa Ayu. Istrinya ini kemudian menjadi Wakil Bupati Cirebon dari jalur pergantian antar waktu (PAW). Ayu menggantikan posisi Imron yang naik menjadi Bupati Cirebon usai Sunjaya ditetapkan tersangka oleh KPK.

Dari pernikahan tersebut Sunjaya dan Ayu dikaruniai 4 orang anak yaitu Satria Robi Putra, Sela Syahvira Amalia, Resyah Prima Hanjaya, dan Ramadani Syahputra.

Karier Militer

Karier awal Sunjaya tidak langsung di dunia politik. Dia justru masuk militer dengan bergabung Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) pada 1998 dan mencapai pangkat letnan satu.

Dia lebih banyak bertugas sebagai ajudan hingga akhirnya memutuskan untuk pensiun pada 2012.

Karier Politik

Pensiun dini dari militer, Sunjaya memilih masuk ke PDIP. Dia kemudian mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Cirebon pada tahun 2013 dengan menggandeng H. Tasiya Soemadi Al Gotas sebagai wakilnya.

Pada tahun tersebut bukan yang pertama Sunjaya ikut berpolitik. Di 2008 dia pernah maju sebagai calon bupati melalui jalur independen, namun kalah. Baru pada 2013 itu Sunjaya terpilih sebagai Bupati Cirebon.

Pilkada 2018, Sunjaya kembali mencalonkan diri menggandeng Imron. Periode kedua ini dia terpilih lagi. Akan tetapi pada 2019, KPK menetapkannya sebagai tersangka kasus korupsi jual beli jabatan dan gratifikasi proyek. Dia pun resmi dicopot pada 30 Agustus 2019.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #letnan #satu #purn #sunjaya #purwadi #sastra

KOMENTAR